Penyakit kelamin raja singa

HP Info Penanya: HP, Pria, 2019 Tahun
Hallo dokter saya mau nanya seputar penyakit kelamin raja singa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HP

Penyakit raja singa atau sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini tertular melalui hubungan seksual yang beresiko dan berganti ganti pasangan. 

Penyakit sifilis pada tahap awal akan menunjukkan gejalan benjolan papul dan ulkus pada alat kelamin  yang mungkin tidak terlalu nyeri, selanjutnya akan menunjukkan gejalan papul merah diseluruh tubuh. Pada beberapa tahun infeksi sifilis terus berkembang dan memberi dampak kerusakan pada organ tubuh lainnya seperti kerusakan jantung, radang otak. Infeksi sifilis juga dapat berlanjut hingga seorang wanita hamil dan mempengaruhi janin. Sifilis menyebabkan gangguan  bawaan pada bayi (sifilis kongenital) seperti peningkatan resiko kematian janin dan keguguran, bayi lahir cacat.

Untuk tatalaksana biasa dokter akan melakukan skrining pemeriksaan serolagi dan pemberian antibiotik. Jika memang memiliki resiko akibat hubungan seksual berganti pasangan maka sebaiknya melakukan pengobatan dan menghindari aktivitas seksual beresiko. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hubungan seks yang tidak setia dengan satu pasangan, berisiko menularkan penyakit seksual

Dapat Menjadi Bumerang, Ini Jenis Hubungan Seks yang Berisiko Menularkan Penyakit

Seks menjadi bagian dari kehidupan, yang tak dapat dipisahkan. Seks dapat menyehatkan, jika dilakukan dengan benar. Namun beberapa perilaku seks berikut ini malah menjadi bumerang, karena membuat Anda rentan terkena berbagai penyakit menular seksual.