Kenapa sering merasa gatal di vagina?

MC Info Penanya: MC, Wanita, 28 Tahun
Sering gatal di daerah vagina knpa dok?Trus sperti ad tumbuh kutil gtuCara mngatasiny gmn y dok?Makasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MC,

Gatal pada vagina adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah adanya infeksi di vagina, infeksi kulit sekitar vagina seperti karena infeksi virus herpes, kutil kelamin, ataupun karena parasit seperti kutu rambut kemaluan atapun infeksi jamur kulit. 

Jika timbul seperti adanya kutil maka baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan. Jika saat ini sudah aktif secara seksual juga perlu diperhatikan agar bisa dilakukan pemeriksaan papsmear karena apa bila ada kutil kelamin perlu diwaspadai.

Virus HPV atau human papilloma virus yang menjadi pemicu kutil juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks apabila terinfeksi oleh virus HPV jenis tertentu yaitu virus HPV 16 dan 18.

Upayakan tidak melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh dan juga bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim agar tidak bertambah berat kondisinya. Bersihkan dengan membasuh menggunakan air hangat dan sabun biasa dan keringkan hingga bersih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di vagina bisa membuat penderitanya tidak nyaman

Jerawat di Vagina Bikin Risih, Atasi dengan 4 Cara Ini

Memiliki jerawat di vagina tentu sangatlah mengganggu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.