penyakit hiv dan kemungkinan sembuhnya

X Info Penanya: X, Pria, 31 Tahun
Apakah penyakit hiv bisa di sembuhkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam X,

HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh pasien, sehingga pasien lebih rentan mengalami infeksi lain dari virus dan bakteri di lingkungan. Infeksi HIV sendiri ditularkan melalui cairan tubuh seperti hubungan sexual yang tidak menggunakan proteksi (kondom) dengan pengidap virus HIV, transfusi darah dan dari jarum suntik  penderita yang terinfeksi HIV, dan juga dapat ditularkan ibu kepada anak saat proses melahirkan. HIV tidak ditularkan melalui air dan udara.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menghilangkan virus HIV secara meyeluruh dari tubuh. Namun sudah ada obat yang dapat menekan perkembangan virusnya.

Sehingga orang yang terinfeksi HIV wajib minum obat (ARV) supaya dapat beraktivitas seperti bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari, dengan jumlah virus yang terkontrol di tubuh. Minum obat ARV pada penderita HIV mencegah turunnya kekebalan tubuh pasien, dan menurunkan resiko penularan HIV saat pasien melakukan aktivitas yang beresiko.

Obat HIV saat ini diberikan gratis dari puskesmas ataupun dari berbagai yayasan-yayasan peduli HIV, begitupula dengan pemeriksaan HIV.

Dengan pengetahuan yang tepat tentang penyakit infeksi HIV dan pencegahan penularannya, kepatuhan dalam minum obat, dan dukungan dari orang terdekat, pasien HIV tetap dapat hidup dengan normal.

Demikian penjelasan saya.

Salam sehat

dr. Patricia Oktaviani

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus H5N1 adalah virus flu burung yang dapat ditularkan dari unggas yang terinfeksi ke manusia

Mirip Flu Biasa, Inilah Gejala Flu Burung

Gejala flu burung kerap disepelekan karena sama seperti gejala flu biasa. Virus H5N1 penyebab flu burung telah menjadi wabah yang ditularkan dari unggas ke manusia. Segera periksakan diri apabila gejala flu berlangsung lebih lama.