Bagaimana cara menangani cacar air?

JN Info Penanya: JN, Wanita, 19 Tahun
Selamat sore dok. Ijin bertanya, kaki saya kena herpes tapi sudah sangat besar sekali airnya dok. Tapi cuma saya kasih salep solusinya gimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JN.

 

Varicella Zoster adalah infeksi yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh virus, kulit yang terinfeksi biasanya akan luka, melepuh sehingga menyebabkan rasa nyeri. Virus ini yang menyebabkan cacar air.

Berikut ini hal yang akan dialami ketika terinfeksi virus Varicella zoster:

  • Gejala awal biasanya akan muncul rasa gatal, nyeri seperti ditusuk jarum dan kesemutan pada daerah yang terinfeksi, pada beberapa orang bisa juga disertai dengan demam ringan
  • Munculnya kemerahan pada kulit disertai adanya benjolan kecil berkelompok yang berisi cairan dan membentuk alur, hal ini akan muncul beberapa hari setelah gejala awal
  • Setelah kurang lebih 1 minggu ruam benjolan biasanya akan pecah dan mengering dan mengelupas
  • Masa penyembuhan akan terjadi sekitar 3 sampai 5 minggu

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, benjolan berisi air ini memang merupakan tahap dari infeksi Herpes. Jika benjolan besar dan berisi air sebaiknya jangan mencoba untuk memecahkannya sendiri, sebaiknya tetap melakukan kompres dengan kasa steril dan air hangat atau cairan NaCl 0,9% saja, lalu bersihkan daerah sekitarnya.

Jika gatal bisa diberikan bedak salicyl, jika sudah menggunakan salep antivirus silahkan dilanjutkan saja. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, istirahat yang cukup, makan sehat dan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit jika keluhan tidak membaik.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mencegah infeksi selama kehamilan, selalu jaga kebersihan diri anda, dan hindari area endemik infeksi.

Waspadai Infeksi-infeksi Ini Selama Masa Kehamilan

Salah satu kondisi yang paling ditakutkan selama kehamilan adalah infeksi. Hal itu disebabkan efek dari infeksi dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa infeksi virus yang dapat menyerang ibu hamil adalah klamidia, herpes, zika, dan rubella. Untuk pencegahannya, Anda disarankan untuk menghindari area endemik infeksi, selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dan menjaga kebersihan.