Penyakit gatal dan ruam merah yang hilang timbul, apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*
Haloo ibu/bapak dokter:)Jadi gini dok, sy punya penyakit gatal yg bikin sy jg ga ngerti dn bingung karna sy ga nemu di internet tntng penyakit ini, jd sy kadang ngrasa gatal sekali dan pasti dia akan mncul ruang sngat merah dan bentol tp itu hanya berlangsung mgkn 3 hari dan hilang sndri bhkan dia bikin bekas mnjd hitam tp bs hilang, itu kenapa ya dok dan apkh ada crnya spya tdk muncul lagi?Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Timbulnya gatal secara tiba-tiba dan muncul bentol merah bisa jadi tanda adanya gangguan penyakit tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir jika keluhan kemudian menghilang beberapa hari.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bentol merah dan gatal mendadak :

  1. Dermatitis kontak
    Reaksi alergi yang muncul karena bahan irirtatif tertentu seperti deterjen, pemutih pakaian, sabun, atau penyebab lainnya.
  2. Dermatitis atopik
    Muncul karena penyakit yang diturunkan seperti asma. Faktor pencetusnya sama dengan dermatitis kontak.
  3. Biduran
    Muncul karena reaksi alergi, suhu udara, stress dan obat-obat tertentu.

Karena penyebab gatal dan bentol yang Anda alami bisa disebabkan karena banyak faktor, agar penyakitnya tidak kambuh sebaiknya hindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan Anda kambuh. Selalu jaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan konsumsi obat yang mengandung antihistamin untuk meredakannya.

Jika keluhan Anda tidak membaik hingga 3-5 hari sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal setelah melahirkan di perut

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Setelah Melahirkan

Gatal setelah melahirkan umumnya terjadi akibat perubahan hormon sekaligus stres. Anda bisa mengatasinya dengan istirahat yang cukup dan melakukan kompres dingin.