Penyakit darah tinggi selama kehamilan

IF Info Penanya: IF, Wanita, 24 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya: Saya perempuan usia 24 tahun, tidak pernah memiliki riwayat darah tinggi. Saat ini saya sedang hamil dok, trimester pertama tensi saya normal, namun saat memasuki trimester kedua, tensi saya tinggi 140/70 dengan hasil tes lab Hb saya 17,2, saat ini usia kandungan 21 week. Mohon bantuannya dok, Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IF

Preeklampsia adalah kondisi naiknya tekanan darah saat seorang wanita sedang hamil, meskipun sebelumnya tidak punya riwayat tekanan darah tinggi. Preeklampsia adalah komplikasi yang umum terjadi di usia kehamilan diatas 20 minggu. Naiknya tekanan darah disertai adanya proteinuria (terdapat kandungan protein di dalam air seni saat melakukan pemeriksaan kencing di laboratorium). Tekanan darah yang sangat tinggi pada ibu hamil dapat mengakibatkan kejang yang sangat mengancam jiwa ibu serta janin yang dikandungnya, hal ini disebut eklampsia.

Untuk mencegah tekanan darah semakin meningkat, disarankan untuk mengurangi konsumsi garam, ikan asin, daging kambing, makanan berlemak, serta hindari makanan kaleng, perbanyak minum air putih serta olahraga. Selain itu perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan urinalisis secara rutin. Hal lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kelancaran suplay oksigen ke janin, diharapkan ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri.

Bila tekanan darah semakin meningkat, kaki semakin bengkak, kadar protein di dalam air seni semakin meningkat, maka segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan atau Rumah Sakit terdekat.

Kami sarankan untuk membaca lebih lanjut artikel tentang hipertensi dalam kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit

Harus Waspada, Tekanan Darah Tinggi dapat Menjadi Penyebab Gagal Jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebagai salah satu penyebab gagal jantung. Tekanan darah tinggi menjadi penyabab gagal jantung ketika pembuluh darah menyempit.