Apa arti dari laboratorium urine saya?

N Info Penanya: N
Selamat sore dok,Setelah saya medical check up, hasil dari lab urinalisa :1. Keton positif2. protein positif3. Lekosit positif4. Leukosit 35 s/d 50 5 . Erythrosit 2 s/d 4Dari hasil itu, saya kenapa ya dok? Bagaimana cara mengobatinya? Hal apa saja yang dilarang?Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Pemeriksaan laboratorium adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan untuk menegakkan atau menyingkirkan suatu diagnosis, setelah dilakukan anamnesis (tanya jawab) dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan laboratorium tidak dapat berdiri sendiri, dan harus diinterpretasikan bersamaan dengan keluhan dan hasil pemeriksaan fisik pasien tersebut.

Oleh karena itu, apa penyakit pasti yang Anda alami, cara pengobatan, dan hal-hal yang dianjurkan serta dilarang tidak bisa diketahui hanya dari hasil laboratorium semata. Perlu diketahui terlebih dahulu hal-hal seperti:

  • Apa keluhan utama Anda?
  • Adakah gejala lain yang menyertai keluhan utama?
  • Sudah berapa lama keluhan Anda rasakan?
  • Apakah ada riwayat penyakit sebelumnya?
  • dan lain-lain

Tetapi, berikut penjelasan dari masing-masing hal yang Anda sebutkan dan beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Adanya senyawa keton pada urine (ketonuria) dapat dialami pada kondisi dehidrasi, konsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak, serta diabetes mellitus
  • Adanya protein pada urine bisa disebabkan oleh kerusakan glomerulus (bagian ginjal) atau pre-eklampsia saat hamil 
  • Adanya leukosit pada urine bisa jadi penanda infeksi saluran kemih
  • Adanya eritrosit pada urine bisa menandakan infeksi, batu, maupun kanker pada saluran kemih

Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis urologi dengan membawa hasil laboratorium tersebut. Untuk sementara, usahakan untuk mencukupi kebutuhan air putih harian agar kesehatan saluran kemih senantiasa terjaga, serta menghindari sementara minuman seperti teh, kopi, serta minuman dengan pemanis buatan.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis yang tidak disunat dapat meningkatkan risiko kanker penis

Tidak Mau Disunat? Siap-Siap Terkena Fimosis dan 3 Penyakit Penis Ini

Penis yang disunat maupun tidak, memiliki fungsi yag sama. Namun, penis yang tidak disunat akan memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya meningkatkan risiko kanker penis.