Kenapa sering buang air kecil secara berlebihan?

AJ Info Penanya: AJ
Dok sy sering buang air kecil, secara berlebihan pagi siang sore malam, minum sedikit atau banyak tetep kecing2, dan urine yg klwr dgn volume bangak, kira2 ini gejala penyakit dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AJ,

Buang air kecil yang sering dan berlebihan adalah gejala yang bisa disebabkan baik karena asupan cairan yang berlebih, infeksi saluran kemih, efek obat tertentu seperti obat diuretik, ataupun karena gangguan kesehatan lain seperti misalnya diabetes ataupun gangguan pada otot yang menahan buang air kecil.

Jika keluhan disertai rasa nyeri saat berkemih, urine menjadi berubah keruh atau ada nyeri di bagian perut maka baiknya segera diperiksakan. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan urine dan lab darah untuk menilai apa penyebabnya.

Upayakan tidak menahan keinginan berkemih, tetap minum minimal 2 liter perhari, lakukan olahraga rutin seperti senam kegel untuk menguatkan otot panggul. Dan perhatikan apakah ada obat-obatan yang dikonsumsi dimana bisa berpotensi memicu gejala yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine hasil penyaringan ginjal

Mengenal Fungsi Kandung Kemih dan Cara-cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi kandung kemih di tubuh adalah untuk menyimpan urine hasil dari penyaringan ginjal. Tidak menjaga kesehatannya dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.