17 May 2021, 10:07Penyakit Lainnya

Apakah ada kelainan di pemeriksaan hormon tiroid?

RN
Info Penanya: RN0
Tshs 1,47 ulu/mL FT4 0,99 ng/dL Ini hasil lab
171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RNTerima kasih atas pertanyaannya.Pemeriksaan tiroid dilakukan untuk melihat kadar hormon tiroid di dalam darah apakah terdapat kenaikan atau penurunan.  Hormon tiroid ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang memiliki fungsi dalam mengatur metabolisme serta suhu tubuh. Ketika terjadi peningkatan hormon maka akan timbul gejala hipertiroid seperti penurunan berat badan, denyut jantung tidak teratur, kecemasan, gemetar, gangguan menstruasi, sering diare, serta pembesaran kelenjar tiroid.  Sedangkan kebalikannya jika terjadi penurunan maka akan timbul gejala hipotiroid yang menimbulkan keluhan peningkatan berat badan, rambut rontok, sensitif terhadap dingin, sembelit, kulit kering, mudah tersinggung.Batas nilai normal pemeriksaan hormon tiroid TSHs antara 0.35-5.5 uIU/mL sedangkan T4 0.8-1.6 ng/dL.  Jadi jika dicocokkan dengan pemeriksaan lab anda maka masih dalam batas normal. 

Beberapa cara mencegah terjadinya gangguan tiroid :

  • Hindari makanan yang diproses atau diolah untuk menghindari zat-zat pengawet yang dapat memicu produksi hormon tiroid.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Hindari begadang dan stres.
  • Hindari merokok, paparan asap rokok dan alkohol.
  • Kurangi makanan yang mengandung kedelai.
Kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam bila mengalami keluhan yang mengarah ke gangguan tiroid. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kelenjar tiroidhormon tiroidhipertiroidismehipotiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil