22 Apr 2021, 23:30Kulit & Kelamin

Apa saja pemeriksaan klamidia dan cara mengatasinya ?

EW
Info Penanya: EW0
hello dr.. sy maw bertnya penyakit chlymidia 9.9, dan saya suda habis ubat 2 minggu.. tetapi saya merasa sakit pada vagina,punggung,dan kaki ada ngilu sedikit..adakah penyakit saya semakin teruk,apa kah sy akan dapat penyakit lain? dan bole kah saya mengambil ubat doxcycline utk kedua kalinya..Tq dr
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Clamydia adalah salah satu faktor penyebab keputihan pada wanita. Clamydia sendiri dapat ditularkan oleh hubungan seksual berisiko dengan banyak pasangan seperti PSK, memiliki suami yang suka "jajan", oral seksual maupun anal seksual.

Bagaimana cara pemeriksaan clamydia ?

Cara pemeriksaan clamydia antara lain :
  • Anamnesa keluhan seperti riwayat keputihan, nyeri saat berhubungan, nyeri saat berkemih, perdarahan setelah berhubungan, berhubungan seksual lebih dari 1 pasangan, berhubungan seksual dengan PSK atau sebagai PSK.
  • Pemeriksaan fisik dengan inspekulo dimana terlihat cairan berwarna putih abu-abu hingga kehijauan di vagina, saluran kemih dan sekitar anus.
  • Pemeriksaan mikroskopik terlihat bakteri lebih dari 10/LPB. Namun ini tidak spesifik hanya untuk clamydia saja.
  • Pemeriksaan direct immunofluoresence assay.
  • Pemeriksaan nucleic acid amplification (NAAT).
Hasil pemeriksaan mikroskopis Anda sebanyak 9,9 menunjukkan infeksi bakteri sudah mulai berkurang, namun untuk memastikan apakah bakteri ini murni karena clamydia atau penyakit menular seksual yang lain, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan direct immunofluoresence assay yang lebih spesifik.Untuk konsumsi obat lanjutan, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit kelamin. Nyeri pada vagina, punggung dan kaki Anda bisa karena claymidia atau penyebab lain seperti jarang bergerak, pasca berhubungan seksual, duduk terlalu lama, dan kontraksi otot. Tetap jaga kebersihan organ intim dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikopenyakit menular seksualkepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil