24 Dec 2020, 15:31Psikologi

Gejala cemas menyeluruh yang sering dialami seorang wanita

TS
Info Penanya: TS0
Dok mau tanya sekarang saya ngerasain cemas gitu takut mati apalagi sekarang abis shift3 kerjanya tadi pas bangun tidur padahal masih ngantuk tapi perasaan aja yang dirasa kaya perasaan itu nafas engap padahal enggak terus duduk pikiran takut mati abis itu langsung jantung enggak karuan. Pikirannya itu takut mati aja dok.. Gimana ya dok biar pikiran kaya gini hilang soalnya saya takut yang tadinya tidak punya penyakit nanti sakit dok.
576 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, T.Perasaan cemas terutama dalam kondisi pandemi virus corona dimana Anda berkerja sebagai petugas medis yang sering melihat kematian, kehilangan orang yang terkasih secara tiba-tiba, penyakit berat dan kronis, akan memperparah rasa cemas tersebut. Rasa cemas yang berlarut-larut dan tidak diatasi dengan baik akan menagnggu penderitanya sehingga menimbulkan berbagai keluhan.

Gejala cemas menyeluruh yang sering dialami seorang wanita

Gejala cemas menyeluruh bisa dialami oleh siapa saja baik pria, dan wanita, tua, ataupun muda. Namun penyakit cemas menyeluruh ini sering terjadi kepada wanita dengan usia produktif yang memiliki banyak tekanan dan masalah baik di pekerjaan ataupun di rumah tangganya. Gejala cemas menyeluruh yang sering dialami seorang wanita antara lain :
  • Muncul rasa takut dan cemas berlebihan terhadap suatu penyakit dan kondisi, misalnya takut naik kendaraan umum, takut terkena penyakit tertentu, takut bersosialisasi.
  • Rasa khawatir yang berlebihan terhadap apa yang akan terjadi di masa depan.
  • Detak jantung terasa lebih cepat dapat disertai dengan kesulitan bernafas dan nyeri dada.
  • Sulit untuk berkomunikasi dan berkonsentrasi.
  • Keringat berlebih pada badan dan tangan.
  • Mudah tersinggung dan sensitif terhadap perlakuan orang lain.

Cara mengatasi gejala cemas menyeluruh

Cara mengatasi gejala cemas menyeluruh yang sering dialami seorang wanita antara lain :
  • Menarik nafas panjang dan keluarkan melalui mulut saat keluhan muncul.
  • Selalu berpikir positif.
  • Berkumpul bersama keluarga.
  • Memandang suatu kematian adalah hal yang pasti namun tidak menjadikan halangan terhadap diri Anda dalam beraktifitas.
  • Selalu menjaga kesehatan fisik dan mental.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Hindari menyendiri.
  • Bersosialisasi dengan orang yang membawa Anda ke arah lebih baik.
  • Hindari minuman berkafein, seperti teh dan kopi.
Jika keluhan cemas berlebihan yang Anda rasakan lebih dari 6 bulan, diikuti rasa takut akan mati, tidak bisa bersosialisasi, menyebabkan aktifitas Anda menjadi terganggu, segera ke dokter spesialis kejiwaan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips olahragagangguan kecemasangangguan panik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil