01 Dec 2020, 14:27Kulit & Kelamin

Penyebab masalah kulit pada anak dan penatalaksanaannya

KA
Info Penanya: KA0
Sore dok..mau tanya,anak saya itu sering banget kakinya bentol bernanah...itu penyebabnya apa ya??terimakasih
855 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore KA,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kulit anak yang sensitif, lebih rentan terhadap penyakit kulit. Kulit anak bisa memerah, bersisik, gatal, kering membuat anak tidak nyaman sehingga menjadi rewel, orangtuapun menjadi khawatir. Pemilihan sabun anak dan detergen untuk pakaian anak juga dapat menyebabkan masalah kulit anak.

Penyebab masalah kulit pada anak

Beberapa penyebab masalah kulit pada anak antara lain :
  • Alergi. Anak yang memiliki alergi, bisa alergi lewat pemberian makanan, debu, atau udara, dapat membuat kulit anak merah dan bentol.
  • Iritasi. Kulit anak dapat menjadi iritasi akibat penggunaan sabun, detergen, bahan baju anak yang tidak nyaman, dan tidak menyerap keringat.
  • Tepat tidur yang mengandung kuman, bakteri, atau tungau.
  • Gigitan nyamuk. Saat anak digigit nyamuk, anak akan menggaruknya dengan keras. Maka garukan ini dapat menyebabkan luka gores. Kondisi kuku yang tidak bersih dapat menyebabkan infeksi pada kulit.
  • Bekas luka yang terinfeksi. Luka terbuka karena benturan, goresan, tusukan benda tajam yang tidak diobati dengan baik dapat menimbulkan bentol bernanah pada luka.

Penatalaksanaan masalah kulit pada anak

Penatalaksanaan masalah kulit pada anak Anda, jika luka diikuti infeksi, seperti luka mengeluarkan nanah, terasa nyeri, badan menjadi demam, dapat dilakukan pembersihan luka menggunakan air bersih, dikeringkan, dioleskan salap antibotik menggunakan resep dari dokter. Untuk penatalaksanaan demam juga dapat diberikan parasetamol sesuai dosis setelah makan.Anda dapat menjaga kebersihan pakaian, tempat tidur, dan lingkungan rumah serta menggunakan minyak telon atau lotion anti nyamuk agar anak Anda terlindungi dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan bentol pada kulit.Jika keluhan yang anak Anda alami terus berlanjut, nanah semakin banyak, dan demam tidak turun-turun, segera periksakan anak Anda ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga anak Anda lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
gatalinfeksi bakterigigitan nyamuk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil