Penyakit batu ginjal apakah bisa sembuh?

IT Info Penanya: IT
Permisi dok saya mau izin bertanya. Jadi begini dok, saya divonis menderita batu ginjal dan ukurannya lumayan besar. Bagaimana cara pengobatan batu ginjal yang tepat ya dok? Apakah batu ginjal bisa menyebabkan komplikasi lain dok? Mohon informasinya ya Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Batu ginjal adalah adanya batu yang terbentuk dari serpihan-serpihan kristal yang merupakan limbah atau sisa mineral dan garam yang terasing di ginjal. Ukuran batu dan jenisnya juga bisa beragam dan sering kali bisa terbentuk batu berukuran besar dan bisa bergerak ke saluran kemih sehingga menimbulkan rasa nyeri hebat, tetapi tidak jarang batu ginjal juga tidak menimbulkan gejala apa-apa.

Penyebabnya sendiri adalah karena asupan makanan yang tinggi kandungan zat kimia, kurang asupan cairan, dan faktor lain tetapi secara pastinya belum bisa ditentukan kenapa terbentuk batu ginjal. Jika dibiarkan dan batu berukuran besar bisa menimbulkan cedera pada saluran kemih, menyebabkan perdarahan sampai infeksi pada saluran kemih yang bisa menyebar keseluruh tubuh.

Untuk mengatasi batu sendiri tergantung dari besar, lokasi, jenis dan beberapa penilaian pada kondisi penderitanya. Pengobatannya mulai dari pemberian obat untuk meredakan gejala, bahan alami untuk mengatasi batu ginjal yang masih berupa serpihan atau ukuran kecil, ataupun juga jika memerlukan tindakan baik operasi ataupun penghancuran batu menggunakan gelombang getaran. Untuk itu perlu dikonsultasikan pada dokter ahli urologi untuk tatalaksana sesuai kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
20 Nov 2019, 11:41
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.