Apakah zat purin pada penyakit asam urat bisa hilang?

NF Info Penanya: NF, Wanita, 19 Tahun
selamat malam dok, saya mau nnya ni apakah zat purin bisa hilang bagi yang penderita asam urat? tolong jelaskan yang lengkap . Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NF,

Asam urat adalah hasil metabolisme zat purin yang terdapat dalam makanan seperti beberapa makanan yang tinggi purin contohnya makanan olahan laut, jeroan hewan, daging merah, kacang-kacangan, sayuran seperti kangkung, daun singkong, belinjo, dan beberapa buah-buahan. Selain itu kadar purin juga didapat dari produk-produk olahan seperti produk olahan daging, bir atau minuman beralkohol, minuman soda dan lainnya.

Asam urat sendiri normalnya ada didalam tubuh dengan kadar tertentu dimana kadarnya dalam darah adalah 2,6- 5,6 mg/dL pada wanita dan 3 - 7 mg/dL pada pria. Jadi zat purin tidak akan benar-benar hilang karena asupan makanan juga memiliki kandungan purin, selama kadarnya tidak berlebihan maka tidak apa.

Jika kadar asam urat tinggi, maka perlu menjaga pola makan dan diet makanan yang mengandung purin tinggi. Perlu juga melakukan pengobatan baik untuk mengatasi gejala yang timbul dan pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat. Jika asam urat tinggi pada tubuh dapat berpengaruh pada kinerja ginjal dan juga bisa memicu batu ginjal. Jadi ada baiknya periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AF
08 Mar 2020, 07:35
Kalau malam kaki saya terasa pegal sakit sebelah yg kanan terasa nyut nyutan gejala apa itu ya Dok...?
Dibalas oleh AF
08 Mar 2020, 07:38
Kalau malam kaki saya terasa pegal sakit sebelah yg kanan terasa nyut nyutan gejala apa itu ya Dok...?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Oregano adalah penyedap rasa yang memiliki sejumlah khasiat kesehatan

Oregano: Melezatkan Makanan, Menyehatkan Badan!

Memasak pasta tak lengkap jika tak menaburkan oregano kering. Penyedap ini memang terkenal, karena rasanya yang khas. Sudah tahu manfaatnya untuk kesehatan?