Telat menstruasi 3 hari, keluar bercak coklat dan riwayat berhubungan intim

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Dok saya mau bertanya, saya sudah telat menstruasi 3 hari namun keluar bercak coklat, usia saya 19 tahun, dan sudah pernah berhubungan intim, besar harapan saya untuk dokter menjawabnya, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MO.

Telat menstruasi merupakan keluhan yang seringkali dialami wanita dan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya kehamilan. Umumnya faktor-faktor tersebut memicu ketidakseimbangan hormon pengatur siklus haid yang kemudian berdampak pada gangguan menstruasi.

Beberapa faktor-faktor pemicu gangguan menstruasi tersebut, antara lainnya ialah :

  • kegemukan ataupun terlampau kurus
  • kelelahan
  • penggunaan atau konsumsi obat tertentu seperti Pil KB
  • stres, kecemasan serta kondisi emosional 
  • pola makan tidak sehat
  • olah raga yang sangat kurang ataupun berlebihan
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS, penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Perihal keterlambatan menstruasi Anda yang terjadi 3 hari umumnya tidak berbahaya karena bisa saja siklus haid Anda memanjang akibat proses pengaturan hormon tertentu atau terjadi karena salah satu faktor diatas yang bersifat ringan. Apabila masih dalam rentang 21-35 hari maka tetap dalam batas normal. Bercak coklat yang juga Anda alami dapat merupakan fase awal menuju menstruasi.

Namun jika Anda khawatir telah terjadi kehamilan karena adanya riwayat berhubungan seksual, Anda dapat menunggu hingga 10 hari untuk kemudian melakukan test pack yang dapat diulang berselang satu minggu kemudian. Jika hasil dua kali test pack tetap negatif tetapi tidak kunjung menstrruaso selama lebih dari dua siklus, periksakanlah diri Anda ke dokter Kandungan .

Salam sehat.

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
19 Jul 2020, 08:15
Terimakasih jawabannya dokter ini sangat membantu saya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium

Berbeda dengan Haid, Flek Saat Terjadi Nidasi Adalah Tanda Positif Hamil

Setelah pasangan berhubungan seksual dan dinyatakan positif hamil, sebenarnya ada perjalanan panjang menuju ke sana. Salah satunya adalah nidasi atau implantasi. Nidasi adalah proses tertanamnya hasil pembuahan ke dalam endometrium.