12 Jul 2020, 12:01Kandungan

Apa saja ciri-ciri kehamilan?

SU
Info Penanya: SU0
Saya ibu(41) dr 1 anak (19). Aktif secara seksual, tdk menggunakan proteksi, tp suami sll ejakulasi di luar. 2 bln ini badan terasa spt org hamil. Mual tanpa muntah, kelelahan, perut bawah terasa spt ditekan sehingga tidak nyaman memakai jeans/pakaian ketat, payudara lebih sensitif & puting sempat merasakan kesemutan yg hilang timbul, perut kembung. Selama 3hari terakhir pinggang kiri terasa seperti ditusuk 1detik hilang timbul. Perut berdenyut hilang timbul. Haid & mucus normal. Sakit apa saya?
9083 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SU.Kehamilan adalah kondisi ketika seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya selama kurang lebih 40 minggu. Kehamilan dapat dialami apabila ada proses pembuahan sel telur oleh sperma. Pembuahan tersebut terjadi apabila ada sel sperma yang berhasil masuk ke dalam rahim saat melakukan hubungan seks.Sekalipun ejakulasi dilakukan di luar, pembuahan akan tetap dapat terjadi. Pasalnya, sebelum melakukan penetrasi, biasanya penis seorang pria akan mengeluarkan cairan pre-ejakulasi (cairan semen). Cairan ini juga mengandung sperma dalam jumlah yang lebih sedikit, dan juga dapat membuahi sel telur.

Ciri-Ciri Kehamilan

Apabila pembuahan berhasil terjadi, maka wanita akan hamil. Berikut ciri-ciri kehamilan yang terjadi pada wanita:
  • Terlambat haid atau menstruasi
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Perut membesar
  • Nyeri pada payudara atau bagian lainnya
  • Menginginkan konsumsi makanan tertentu
  • Lebih sensitif terhadap bau
  • Gairah seksual yang berubah
Oleh karena itu, jika memang Anda adalah wanita yang aktif secara seksual dan mencurigai diri Anda hamil, ada baiknya lakukan testpack atau USG rahim untuk konfirmasi. Jika benar hamil, jangan lupa jaga kondisi ibu dan janin dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup.Tetapi, apabila tidak hamil, bisa saja Anda sedang mengalami pre-menstrual syndrome (akan haid), dispepsia, ataupun mulai memasuki masa pre-menopause. Karena, hal-hal tersebut juga mungkin saja menimbulkan gejala yang Anda alami. Apabila ingin mengetahui secara pasti, ada baiknya untuk langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, dimana nanti akan dilakukan tes laboratorium, USG, atau pemeriksaan lain yang dibutuhkan.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menopausehamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil