Ngilu paha hingga betis, penyakit apa ?

L Info Penanya: L
Dok saya pria usia 38 tahun 2 bulan ini setiap malam paha menjalar ke betis sering ngilu apalagi kerjaan saya sebagai supir menuntut saya untuk lama duduk di jok mobil sampai tulang pantat terasa keram, lalu mulai muncul jerawat tak terkontrol, berat badan turun selama 2 bulan sebanyak 20kg. Sakit pada kaki hanya pada malam hari dan membaik dengan sendirinya disiang hari. Cek kontrol gula darah, tensi dan kolesterol juga normal. Saat malam hari susah tidur dan gelisah. Ada indikasi sakit apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Ngilu pada paha dan betis dapat terjadi karena gangguan yang berhubungan dengan otot maupun sekumpulan saraf yang berada di sekitar tulang belakang. Pada keadaan Anda, hal ini mungkin berhubungan pekerjaan yang mengharuskan Anda ada dalam posisi duduk yang lama sehingga saraf-saraf pada tulang belakang yang berhubungan dengan paha dan betis mengalami gangguan. Sensasi ngilu tersbut mungkin menjadi salah satu faktor yang dapat mengakibatkan Anda menjadi sulit tidur.

Sedangkan munculnya jerawat yang tidak terkendali mungkin terjadi karena gangguan hormon. Pada dasarnya jerawat sendiri muncul karena berbagai faktor, yang meliputi produksi minyak berlebih, adanya folikel rambut yang tersumbat baik oleh minyak mauoun sel kulit mati, aktivitas bakteri berlebih dan aktivitas hormon yang juga dapat berlebih. Keadaan ini dapat pula dipicu oleh pola makan tidak sehat dan pola tidur yang kurang baik. Keadaan kurang tidur pada Anda, mungkin memicu pertumbuhan jerawat yang berlebih. 

Mengenai keseluruhan dari keluhan yang Anda alami, masih belum dapat disimpulkan kemungkinan penyakit tertentu yang menyebabkan seluruh keluhan yang dialami. Berbagai keluhan tersebut mungkin terjadi karena berbagai gangguan atau kelainan yang berbeda. Akan tetapi adanya keluhan penurunan berat badan yang drastis merupakan salah satu gejala yang patut Anda waspadai karena dapat merupakan tanda dari penyakit kronis yang tidak terdeteksi seperti TBC tulang belakang maupun keganasan atau kanker. 

Untuk itu diperlukan pemeriksaan yang lebih lengkap, selain dari tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol agar dapat mendeteksi kelainan dan gangguan secara menyeluruh. Ada baiknya untuk Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Penyakit Dalam terlebih dahulu.

Untuk sementara, Anda dapat mengatasi keluhan Anda dengan mengompres bagian yang ngilu dengan kompres hangat dan mengoleskan krim capcaisin, mengonsumsi obat pereda nyeri golongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek dan mengonsumsi vitamin B kompleks untuk menjaga fungsi saraf. Anda pun dapat menghirup minyak esensial lavender untuk membantu mengatasi kegelisahan dan kesulitan tidur yang dialami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan ragu untuk datang ke dokter, jika telapak kaki gatal. Kondisi ini tidak seharusnya disepelekan, apalagi tidak diperhatikan.

Penyebab Telapak Kaki Gatal dan Cara Mengobatinya

Telapak kaki gatal adalah kondisi yang mengganggu. Bayangkan saja, di saat sedang menggunakan sepatu, tiba-tiba sensasi gatal muncul di telapak kaki. Ingin menggaruknya pun sulit. Akhirnya, Anda harus menunggu hingga bisa membuka sepatu, sebelum bisa menggaruknya. Oleh karena itu, kenalilah penyebab dan cara mengobati telapak kaki gatal ini.