Penyakit apa kok batuk terus?

NP Info Penanya: NP
Malam dok, saya ingin bertanya, saya sudah batuk pilek selama lebih dari 1 bulan (bisa terhitung 2 bulan lebih), tetapi saya sudah pernah cek dan itu juga buka TB, tapi akhir² ini saya agak sering mengalami tenggorokan kering dan hidung tersumbat yang kadang menyebabkan saya sulit bernafas yang biasanya terjadi setelah saya bangun tidur, keluarga saya sendiri tidak ada riwayat asma. Menurut dokter kira² penyakit saya apa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NP,

Batuk adalah reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau benda-benda yang dianggap sebagai iritan. Iritan tersebut dapat berupa debu, bakteri, asam lambung, dll.

Beberapa penyebab batuk yang tidak kunjung sembuh adalah:

  • Gangguan lambung. Adanya asam lambung yang naik ke tenggorokan seringkali memicu batuk, dan hal ini tidak disadari. Namun seringkali didapatkan riwayat sering terlambat makan, atau makan makanan yang pedas.
  • Rhinitis alergi. Adanya alergen seperti debu, bulu binatang, cuaca dingin, cokelat, kacang, seafood, dll dapat memicu reaksi alergi berupa batuk, bersin-bersin, hidung tersumbat yang akan menghilang dengan sendirinya saat alergen dihindari.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan batuk tersebut adalah:

  1. Hindari makanan pedas, asam, gorengan, dan banyak micinnya.
  2. Hindari konsumsi kopi, atau soda.
  3. Jangan makan sebelum tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.
  4. Minum antacida bila keluhan sesak napas disertai dengan dada panas, atau mual, nyeri ulu hati.

Bila keluhan menetap sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan foto rontgen dada, rekam jantung, hingga endoscopy.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas saat hamil dapat terjadi dalam waktu tertentu

Apakah Sesak Napas Saat Hamil Berbahaya?

Sesak napas saat hamil biasanya bukanlah masalah serius. Namun ada kalanya kondisi ini memerlukan konsultasi dengan dokter. Pertama, ketahuilah penyebab sesak napas yang sering terjadi saat hamil dan tidak berbahaya, serta gejala lain yang perlu dikonsultasikan lebih lanjut.