23 Dec 2020, 06:24Penyakit Lainnya

Penyakit amandel dan sakit tenggorokan

UP
Info Penanya: UP0
Dok anak saya punya amandel udah besar2, skrg LG kambuh dok, badannya panas muntah2 tenggorokannya sakit, perutnya juga sakit,tp ini seluruh badan perut,paha terlihat perah semua dok.. obat apa yg harus saya kasih dok..terimakasih
320 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam UP,Demam pada anak adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beragam penyebab, salah satunya adalah infeksi saluran napas. Infeksi saluran napas sendiri ada beragam jenisnya dimana yang paling sering adalah radang tenggorokan atau faringitis dan pada anak penyebab lain yang sering adalah tonsilitis atau peradangan tonsil atau amandel.Pada tonsilitis atau peradangan amandel, keluhan sendiri bisa kesulitan menelan makanan, demam, sakit tenggorokan, suara menjadi serak, sakit perut, anak menjadi lebih rewel, tidak mau makan dan juga keluhan lainnya.Apabila timbul ruam kemerahan pada badan disertai demam, maka penyebabnya bisa bukan dari radang amandelnya tetapi bisa karena:
  • Suhu tubuh yang tinggi
  • Reaksi alergi
  • Peradangan kulit
  • Infeksi seperti campak
  • Penyebab lainnya

Cara mengatasi demam

Untuk itu apabila anak demam, selalu ukur suhu tubuh anak. Ukur suhu tiap 4-6 jam sekali, jika suhu lebih dari 37,5 derajat celcius maka berikan anak obat penurun demam seperti parasetamol sesuai usia dan berat badan anak. Kompres anak dengan air biasa atau air hangat pada lipatan-lipatan tubuhnya.Periksakan kondisi anak Anda pada dokter terdekat untuk dipastikan apa penyebabnya. Perbanyak istirahat anak, berikan air putih lebih banyak, kompres dengan air hangat jika anak mengalami demam. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit anakkesehatan anakdemamcampak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil