21 Jan 2019, 02:19Penyakit Lainnya

Penyajian susu formula dengan baik

N
Info Penanya: N, Wanita, 26 Tahun
Pagi Dokter. Dok, bagaimana cara menyeduh susu bayi yang benar? Terutama susu formula. Apakah aman kalau menyeduhnya dengan mencampur air panas dan air dingin agar mendapatkan air hangat yang sesuai, lalu memasukan bubuk susu formula? Terima kasih.
27176 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Salam Sehat Ibu NS, Untuk bayi sampai usia 6 bulan yang paling diajurkan dan paling sempurna adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu) saja sebagai makanan bayi (ASI Ekslusif). Namun bila karena kondisi Ibu tidak dapat memberikan ASI maka susu Formula adalah pilihan pengganti. Susu formula komposisinya dibuat sedemikian rupa supaya mirip dengan ASI namun tidak sempurna karena tidak memiliki antibody alami yang ada dalam ASI. Pemberian susu formula harus mengikuti aturan-aturan kebersihan supaya tidak membahayakan bayi, karena susu formula sangat rentan sebagai tempat masuknya kuman yang dapat menyebabkan sakit. Hal-hal yang harus diperhatikan saat memberikan susu formula yaitu :
  • Kebersihan botol dan dot susu
  • Waktu pemberian dan jumlah susu disesuaikan dengan kebutuhan bayi
  • Jenis susu formula disesuaikan dengan kebutuhan bayi
  • Cara penyimpanan susu formula
 Kebersihan botol, dot dan penutup botol harus sangat diperhatikan karena dapat menjadi tempat berkembangbiaknya kuman. Inilah salah satu keunggulan ASI adalah sifatnya selalu steril dan siap diberikan saat bayi membutuhkan.Cuci botol dengan air dan sabun, sikat dengan sikat khusus botol segera setelah botol digunakan. Botol yang dibiarkan lama dengan sisa susu, akan lebih sulit dibersihkan karena susu menempel pada dinding botol dan berbau tidak sedap. Setalah bersih botol direbus dalam air panas. Akan lebih praktis menggunakan alat steril botol susu yang saat ini dijual bebas. Cara penyajian susu adalah mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan susu Formula. Selalu pastikan mencuci tangan dengan sabun sebelum membuat susu untuk bayi. Gunakan air hangat-hangat kuku (sama dengan suhu ruangan) supaya bisa langsung diminum oleh bayi. Air hangat dapat diperoleh dengan cara mendidihkan air kemudian di diamkan sampai hangat, atau mencampurkan air panas dengan air dingin. Setelah itu campurkan susu sesuai takaran yang diajurkan. Sebelum diberikan ke bayi, tuangkan susu ke bagian atas telapak tangan Ibu untuk memastikan susu hangat dan aman untuk diminum. Bila susu terlalu panas, maka Ibu dapat merendam botol berisi susu tersebut dalam air dingin sampai susu menjadi hangat. Jangan memberikan susu yang terlalu encer atau terlalukental kepada bayi, berikan susu yang sesuai takaran yang diajurkan. Hati-hati bila bayi menunjukan gejala alergi atau gangguan pencernaan akibat pergantian merk susu formula, segera kunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) terdekat. Salam Sehat
bayi & menyusuibayinutrisi anakasi eksklusifmanfaat asisusu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil