Penurunan ingatan dan gangguan lain di tubuh

MU Info Penanya: MU, Wanita, 20 Tahun
Maaf dok izin berkonsultasi. Akhir2 ini saya merasa seperti mengalami penurunan fungsi otak, ingatan terutama. Hal kemarenpun sering banget langsung lupa. Saya juga sulit berkonsentrasi dan sering merasa resah. Mata mulai ngerasa ga bisa fokus. Telinga juga rasanya ga jelas ngedenger, sampai dikira ada gangguan. Nafas aja rasanya langsung nyut2an menjalar kepusat kepala terutama saat udara dingin, apalagi menjelang tidur dan saat mencium asap rokok. Sesak napaspun sering disertai batuk2 yang tak kunjung sembuh. Dan sekarang kalau ngomong saya sedikit gagu, lidahnya seperti belibet, cadel sana sini, bahkan mau ngobrol hal sederhanapun kadang ngeluarin kata perkatanya harus mikir dulu. Mungkin sekitar 1 setengah tahun mulai begini. Saya juga sering merasa sakit di bagian tubuh sebelah kiri. Mohon tanggapannya dok, terima kasih banyak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MU,

Adanya gangguan-gangguan yang timbul perlu dilakukan evaluasi dengan memeriksakan diri pada dokter karena bisa timbul karena beberapa penyebab. Keluhan penurunan ingatan sendiri bisa timbul karena beberapa penyebab seperti gangguan psikis, cemas, stres, kurang istirahat, kelelahan, kurang tidur, pola hidup yang kurang baik, cedera kepala, stroke dan lainnya.

Sedangkan untuk keluhan sesak napas terutama jika ada batuk dan terpicu udara dingin bisa disebabkan beberapa gangguan pada saluran napas seperti:

  • Asma, ditandai dengan adanya sesak dan suara napas tambahan seperti mengi terutama jika sedang timbul serangan, batuk, nyeri dada, kuku dan bibir bisa kebiruan
  • Infeksi saluran napas
  • Peradangan di saluran napas
  • Penyakit asam lambung
  • Infeksi spesifik seperti tuberkulosis
  • Trauma pada area dada
  • Reaksi alergi

Untuk saat ini perlu dilakukan perubahan gaya hidup dan segera memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan pemeriksaan kondisi apa yang terjadi. Upayakan mencukupi kebutuhan tidur dan istirahat, kelola stres dengan baik, jaga pola makan dan sempatkan beraktivitas fisik seperti berolahraga. Jika timbul muntah, sakit kepala hebat, badan lemas sebelah sampai pingsan, merasa cadel segera datangi rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersin dan hidung gatal merupakan salah satu gejala rhinitis alergi

Mengulik Kasus Rhinitis Alergi Ekstrem di Dunia

Kasus rhinitis alergi bisa jadi sangat ekstrem pada beberapa orang. Ketika kambuh, mereka bisa sulit bernapas hingga merasakan komplikasi.