Penurunan fungsi pendengaran dibarengi tenggorokan sakit dan berlendir, penyakit apakah itu?

BS Info Penanya: BS, Pria, 21 Tahun
Halo selamat malam dokter, perkenalkan nama saya shodiq, berumur 21 tahun.akhir-akhir ini saya mengalami penurunan fungsi pendengaran di kedua telinga saya.entah apa yang mengakibatkan telinga saya seperti ini. Biasanya tenggorokan saya terasa sakit dan berlendir. Cara pengobatannya seperti apa ya dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BSM,

Infeksi pada telinga adalah hal yang biasa diderita oleh kebanyakan orang. Infeksi pada telinga yang umum terjadi terutama pada telinga bagian tengah atau dalam istilah medis dikenal dengan Otitis Media Akut (OMA). Penyakit ini disebabkan adanya infeksi atau peradangan pada bagian telinga tengah atau setelah gendang telinga. Beberapa gejala yang timbul dari penyakit ini bervariasi diantaranya ada rasa sakit atau nyeri, penurunan pendengaran, demam hingga adanya cairan yang keluar dari telinga.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

  1. Penyakit pemicu misal flu, radang tenggorokan yang kemungkinan besar mempertinggi resiko terkena penyakit ini.
  2. Usia. Pria mempunyai kecenderungan lebih besar dari wanita.
  3. Faktor keturunan. Pasien yang mempunyai keluarga yang mengalami hal ini cenderung lebih rentan terkena sakit yang sama.
  4. Usia. Pada anak 6 bulan hingga 3 tahun lebih rentan terkena karena saluran penghubung antara telinga tengah dan tenggorokan (saluran Eustachius) lebih pendek dan mudah terinfeksi saat sakit flu atau radang tenggorokan.

Beberapa tips agar terhindar dari penyakit ini diantaranya:

  1. Jagalah kebersihan telinga dengan sering membersihkan dengan cotton bud steril dan tidak sering mengorek telinga dengan tangan.
  2. Makanlah makanan bergizi dan hygienis. Kurang Hygienisnya makanan bisa memicu infeksi dan akhirnya mempermudah terjadinya penyakit ini.
  3. Hindari asap kotor atau debu dengan sering memakai masker. Hal ini disebabkan kotoran di udara rentan menyebabkan radang saluran nafas dan akhirnya memicu penyakit ini.

Berikut ini saya sertakan artikel untuk menambah wawasan Anda yakni Tips mencegah gendang telinga saat berdengung dan Cara membersihkan telinga dengan baik.

Segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.