Penurunan Berat Badan dan Menghilangkan Selulit atau Stretchmark

AS Info Penanya: AS, Wanita, 18 Tahun
Salam sehat dokter, saya ingin bertanya seputar diet dan berat badan. Bagaimana cara melakukan diet yang sehat dan apakah ada kemungkinan saya bisa memiliki badan yang kurus dengan berat badan 50 kg? Jika sudah kurus, apakah stretchmark atau selulit yang saya miliki bisa menghilang? Terima kasih, dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu AS,

Dimana ada kemauan, pasti ada jalan asalkan ada komitmen yang mau dituruti dengan kerja keras.

Berat Badan ideal untuk Ibu adalah 48 Kg, tapi untuk  awalnya dengan target mencapai 50 Kg dapat saja dilakukan. Cara sehat untuk menurunkan berat badan adalah secara bertahap, maksimal 2 kg dalam seminggu dengan memperbaiki gaya hidup dan Pola makanan sehat dan mempertahankan hal ini menjadi gaya hidup bahkan setelah berat badan ideal sudah tercapai.

Berikut masukan sederhana untuk menurunkan berat badan secara sehat yaitu :

  1. Sarapan pagi, sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.
  2. Makan siang dengan panduan diet seimbang
  3. Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya)
  4. Sebaiknya tidak mengkonsumsi : cemilan, es krim, kue – kue, biskuit, permen, coklat dll.
  5. Batasi Karbohidrat, seperti nasi, mie, pasta, jagung, kentang dan lain lain sebaiknya dibatasi jumlah yang dimakan. Tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu, tempe
  6. Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.
  7. Minum air putih sehari minimal 2 liter sebanding dengan 8 Gelas. Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.
  8. Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih. Keuntungannya selain menambah asupan Vitamin C untuk tubuh, memberi rasa segar untuk air yang diminum, juga merupakan cara detoksifikasi sederhana.
  9. Ikuti aturan, makan sebelum merasa lapar dan stop makan sebelum merasa kenyang. Selalu makan dengan porsi yang cukup setiap waktunya makan jangan melewati waktu makan karena akan menyebabkan kelaparan dan kehilangan kontrol saat makan.
  10. Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non fat / susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium.Kekurangan kalsium dalam darah sering disalah-artikan tubuh sebagai rasa lapar. Saran kami sebelum minum suplemen apapun sebaiknya di konsultasikan dulu dengan Dokter.
  11. Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  12. Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  13. Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.
  14. Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah yang akan menimbulkan efek penuh pada lambung sehingga saat makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.
  15. Janganlah memakai makanan sebagai hadiah untuk diri sendiri atau sebagai pelarian seperti makan untuk perayaan, makan saat sedih dan makan saat stress.
  16. Tingkatkan metabolisme tubuh, dengan cara beraktifitas rutin seperti berjalan kaki, joging dan berolah raga.

Olah raga yang membentuk tubuh dan sangat cepat membakar kalori contohnya adalah berenang, lari, jalan cepat, bersepeda, dan aerobik.

Selulit akan berkurang bila berat badan ideal sudah tercapai, karena selulit merupakan lemak yang terperangkap di bawah kulit. Sedangkan untuk  stertchmark dengan perawatan teratur dapat menipis. Banyakkrim dan lulur dijual bebas dapat dicoba untuk mengurangi stretchmark. Sebaiknya menghindari timbulnya  stertchmark dengan cara mempetahankan berat badan normal, tidak menggaruk kulit atau bekas luka dengan keras dan pertahankan kekenyalan kulit dengan pelembab.

Sebaiknya dimulai dari sekarang untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, karena di usia muda saat  laju metabolisme tubuh masih tinggi dan baik, kemungkinan memperoleh berat badan yang ideal masih sangat mungkin. Hal ini akan semakin sulit bila sudah mencapai usia lebih dari 30 tahun.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain cita rasanya yang unik, terdapat juga manfaat coklat hitam atau dark chocolate bagi kesehatan

Nikmati 11 Manfaat Coklat Hitam Ini Bagi Kesehatan

Manfaat coklat hitam tidak hanya sekedar untuk memanjakan lidah Anda. Ada beragam manfaat dark chocolate bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan risiko terkena depresi.