Penularan virus HIV melalui oral seks

BH Info Penanya: BH, Pria, 25 Tahun
pagi dok mau tanya, apa resiko tertular virus HIV ada pada pria yg menerima oral seks?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BH,

Infeksi Human Immunodeficiency Virus bisa terjadi karena beberapa cara seperti melalui jarum suntik yang ditercemar virus seperti penggunaan jarum bersama saat menggunakan narkoba suntik, melalui hubungan seksual dengan orang yang positif HIV tanpa menggunakan pengaman, melalui produk darah yang tercemas, melalui ibu pada bayi saat hamil, proses persalinan ataupun melalui ASI.

Oral seks sendiri merupakan salah satu variasi berhubungan seksual yang risiko terjadi penularan HIV nya rendah, tetapi kemungkinan tertular bisa saja terjadi jika dilakukan dengan orang yang terinfeksi positif HIV, peluangnya bisa terjadi jika ada luka di dalam rongga mulut dan menular melalui cairan kelamin saat melakukan oral seks.

Selain dapat berisiko penularan HIV, oral seks juga bisa berisiko menimbulkan risiko penularan penyakit menular seksual lain seperti:

  • Infeksi herpes genital akibat virus herpes simpleks
  • Infeksi kutil akibat virus HPV
  • Infeksi gonore akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae
  • Infeksi sifilis akibat bakteri Treponema pallidum
  • Infeksi klamidia akibat infeksi bakteri Chlamydia trachomatis
  • Infeksi lain seperit misalnya hepatitis

Apabila merasa melakukan hubungan seksual yang berisiko atau melakukan dengan orang yang tidak diketahui riwayat kesehatan dan riwayat seksualnya. Ada baiknya melakukan pemeriksaan tes HIV paling cepat 3 minggu setelah melakukan hubungan berisiko tersebut ataupun bisa dilakukan 3 bulan setelahnya. Anda juga dapat melakuakn pemeriksaan skrining penyakit menular seksual jika melakukan hubungan seksual berisiko. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BH
12 Aug 2020, 11:01
Dok apa tes menggunakan one step HIV test akurat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Aug 2020, 08:01
Selamat pagi BH,
One step HIV test adalah salah satu alat untuk mendeteksi HIV yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Sebuah studi menyebutkan akurasinya mencapai sekitar 99%. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teman tapi mesra memiliki efek buruk jangka panjang

Dampak Negatif Hubungan “Teman Tapi Mesra”

Biasanya, teman tapi mesra berawal dari pertemanan platonik yang sama sekali tidak bertujuan untuk menjalin hubungan asmara. Namun sayangnya, adanya embel-embel aktivitas seksual dalam hubungan teman tapi mesra ini lebih banyak merugikan dalam jangka panjang. Seperti risiko seks tidak aman.