02 Oct 2021, 20:50Infeksi

Apakah tindakan seksual dapat menimbulkan penyakit menular seksual ?

PS
Info Penanya: PS0
Sy pwenag terkena tindakan seksual di april lalu. Dan terjadi di rmh saya. Saya tdk tau apakah dia mempunyai penyakit menular. Dan apabila dia menyentuh permukaan benda di rmh saya seperti pagar, pintu, sofa, dll. Apalah smpe skrang jika sy menyentuh nya dpt tertular penyakit? Seperti td saya menyentuh pagar dan membuka masker secara langsung tanpa mencuci tangan. Apakah dpt tertular penyakit berbahaya dari orng yg menyentuh pagar saya di april lalu? Saya bingung dan panik
177 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, P.Penyakit menular seksual dapat dialami oleh orang yang melakukan hubungan seksual terutama bergonta ganti pasangan, pekerja seks komersial, tidak menggunakan kondom saat berhubungan.

Apakah saya dapat mengalami penyakit menular seksual ?

Anda yang melakukan tindakan seksual di bulan April harusnya menjelaskan tindakan seksual apa yang Anda lakukan, yang Anda alami, berapa kali dan apa keluhan yang saat ini Anda rasakan. Tindakan seksual di April lalu terjadi di rumah Anda. Namun Anda tidak tahu apakah pasangan mempunyai penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual sesuai namanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual baik penetrasi penis secara langsung, oral seks maupun anal seks.Penyakit menular seksual tidak dapat menular saat Anda menyentuh permukaan benda di rumah seperti pagar, pintu, sofa, dll walau sebelumnya sudah disentuh oleh pasangan Anda. Bahkan Anda membuka masker secara langsung tanpa mencuci tangan juga tidak dapat menularkan penyakit menular seksual. Namun tindakan seksual yang Anda lakukan dapat menularkan beberapa penyakit menular seksual antara lain sifilis, gonore, chlamydia dan HIV. Jadi jika timbul gejala berupa kencing nanah, nyeri saat berkemih, kutil kelamin, periksa ke dokter kulit dan kelamin. Jika Anda sangat binggung dan panik, konsultasi ke dokter psikiater. Jangan melakukan hubungan seksual sebelum menikah.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hubungan seks beresikomanfaat hubungan sekspenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil