Tes hiv negatif apakah mungkin masih tertular hiv?

O Info Penanya: O, Pria
halo dokter, bila kita melakukan hubungan yg berisiko menularkan hiv, kemudian setelah 9 bulan hasil tesnya menunjukan hasil negatif. apakah itu berarti kita betul-betul tidak tertular hiv, atau perlu diadakan tes lagi ?mohon jawabannya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, O.

 

Tes pemeriksaan Hiv merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya infeksi virus Hiv. Tes ini terutama dilakukan untuk orang yang berisiko terpapar virus Hiv. 

Waktu pengecekan sebaiknya sesegera mungkin setelah terpaparnya virus, biasanya tes pertama akan menunjukkan hasil negatif dimana tes pertama hanya untuk melihat ada tidaknya antibodi terhadap virus. 

Terkait dengan pertanyaan Anda jika sudah 9 bulan hasil tersebut negatif kemungkinan memang Anda tidak terkena penyakit Hiv. Kecuali jika sejak awal hasil negatif kemungkinannya memang jumlah virus masih belum cukup didalam darah untuk dideteksi. Hal ini yang dapat dikatakan sebagai masa jendela HIV. Namun untuk memastikannya konsultasikan kepada dokter penyakit dalam ya.

Untuk mencegah penularan hiv sebaiknya hal yang Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Setia kepada satu pasangan saja.
  2. Gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual.
  3. Jaga kebersihan organ intim Anda dengan rajin mencucinya dan ganti celana dalam secara berkala.
  4. Olahraga teratur untuk menjaga kekebalan tubuh.
  5. Makan yang sehat memperbanyak sayur dan buah.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi HIV dapat terjadi karena adanya kontak langsung dengan darah atau air mani

Waspada, Ini Gejala Awal HIV yang Harus Anda Kenali!

Gejala HIV bersifat individual sehingga setiap orang bisa berbeda-beda. Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui gejala awal HIV adalah dengan melakukan uji laboratorium. Namun, ada beberapa gejala yang bisa Anda pahami sebagai antisipasi, seperti demam, sakit tenggorokan, dan infeksi yang sering terjadi.