Pentingkah lisensi BPOM pada kosmetik?

A Info Penanya: A
Hi dok, saya mau tanya mengenai kosmetik nih. Apa betul ya makeup dengan lisensi BPOM itu penting? Jika ya, bagaimana cara memastikannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

BPOM adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan dimana merupakan badan miliki pemerintah yang melakukan pengujian, pemberian lisensi dan pengaawan setiap produk baik obat, produk perawatan dan juga makanan.

Pentingnya suatu produk perlu memiliki lisensi dari BPOM adalah agar produk tersebut benar-benar sudah teruji dan memiliki kandungan yang aman untuk digunakan. Tetapi bukan berarti barang yang sudah memiliki lisensi BPOM tidak bisa menimbulkan efek samping, untuk itu kita perlu juga cermat dalam memilih produk.

Cara mengecek produk di BPOM

Saat ini juga tidak sedikit produk-produk memalsukan nomor lisensi BPOM untuk mendongkrak penjualannya, untuk itu kita perlu jeli dan membeli produk dari penjual yang terpercaya. Untuk memeriksa produk kosmetik sudah terdaftar di BPOM atau belum bisa dengan mengunjungi situs resmi BPOM dan melakukan pengecekan produk.

Setelah memastikan produk terdaftar di BPOM, perhatikan juga komposisi produk dan hindari bahan berbahaya seperti:

  • Logam berat seperti merkuri, timbal, arsen, kadmium dan turunannya
  • Paraben
  • Cemaran kimiawi seperti 1,4-Dioxane
  • dan bahan berbahaya lain

Baca juga artikel kami mengenai cara memilih kosmetik yang aman bagi kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benzoil peroksida adalah zat yang mampu mengatasi jerawat

Benzoil Peroksida, Cintanya Para Pejuang Jerawat

Benzoil peroksida adalah zat yang sering ditemukan dalam produk antijerawat. Kandungan ini cocok untuk tipe jerawat peradangan. Kenali zat benzoil peroksida lebih jauh.