Penjelasan menstruasi tidak lancar

ZF Info Penanya: ZF, Wanita, 16 Tahun
Menstruasi tidak lancar dok,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ZF

Menstruasi kalau masih remaja memang sering tidak lancar. Karena tubuh Anda masih adaptasi terhadap perubahan menjadi wanita. Dengan berkembangnya organ kandungan, hormon perempuannya juga berubah-ubah. Sehingga siklus haid menjadi tidak teratur. Biasanya jarak antar menstruasi 3-5 minggu, kemudian kalau sebulan tidak teratur biasanya tidak ada masalah. Tapi kalau 3 bulan berturut-turut tidak teratur maka perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Kandungan. Nanti akan dilakukan pemeriksaan USG dan laboratorium darah untuk memeriksa hormon Anda terutama hormon tiroid.

Faktor fisik dan psikis juga berperan, misalnya kalau kurang istirahat, berat badan kurang atau berlebihan serta aktivitas / olahraga berat. Dari psikis kalau sedang banyak pikiran, stres, atau depresi juga bisa mempengaruhi hormon Anda. Saya lampirkan artikel mengenai menstruasi tidak lancar yang perlu Anda ketahui.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.