TANYA DOKTER

Penjelasan hasil treadmill test?

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat sore, MM

Terimakasih atas pertanyaannya.

Sepertinya anda baru saja menjalani medical check up dan mendapatkan hasil treadmill test. Apakah anda diberi saran untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung?

Treadmill test bertujuan untuk memberi stres atau tekanan pada jantung anda dengan cara memancing timbulnya tanda gangguan jantung yang selama anda dalam kondisi normal tidak tampak.

Pada saat treadmill anda mencapai kondisi puncak ditandai dengan peningkatan detak jantung atau tekanan darah yang signifikan dari sebelum anda treadmill.

Bila ada perubahan EKG seperti yang anda sampaikan berarti ada kondisi otot jantung mengalami kekurangan oksigen sementara akibat aliran darah tidak lancar. Aliran darah tidak lancar karena ada penyempitan akibat plak kolesterol, tekanan darah tinggi atau sumbatan di pembuluh darah koroner makanya disebut penyakit jantung koroner.

Selanjutnya anda perlu diskusi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk memastikan diagnosanya. Biasanya disarankan untuk kateterisasi agar pembuluh darah koroner bisa tervisualisasi dengan baik.

Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top