Penjelasan hasil treadmill test?

M2 Info Penanya: M2, Pria, 2019 Tahun
inferolateral st depression at peak exercise 1,66mm 5 lead artinya apa untuk treadmill test
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MM

Terimakasih atas pertanyaannya.

Sepertinya anda baru saja menjalani medical check up dan mendapatkan hasil treadmill test. Apakah anda diberi saran untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung?

Treadmill test bertujuan untuk memberi stres atau tekanan pada jantung anda dengan cara memancing timbulnya tanda gangguan jantung yang selama anda dalam kondisi normal tidak tampak.

Pada saat treadmill anda mencapai kondisi puncak ditandai dengan peningkatan detak jantung atau tekanan darah yang signifikan dari sebelum anda treadmill.

Bila ada perubahan EKG seperti yang anda sampaikan berarti ada kondisi otot jantung mengalami kekurangan oksigen sementara akibat aliran darah tidak lancar. Aliran darah tidak lancar karena ada penyempitan akibat plak kolesterol, tekanan darah tinggi atau sumbatan di pembuluh darah koroner makanya disebut penyakit jantung koroner.

Selanjutnya anda perlu diskusi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk memastikan diagnosanya. Biasanya disarankan untuk kateterisasi agar pembuluh darah koroner bisa tervisualisasi dengan baik.

Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Binge watching bisa berdampak negatif pada tubuh

Hobi Maraton Nonton Film Seri? Awas Kena Efek Buruk Binge Watching

Menonton serial televisi secara maraton atau binge watching dapat menjadi kegemaran dan sarana pelepas stres bagi sebagian orang. Dampak buruk bagi kesehatan yaitu, mulai dari obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga sikap antisosial.