Ejakulasi di perut, apakah bisa hamil?

WP Info Penanya: WP
hai dok, mau tanya. saya terakhir haid sekitar tgl 15 juli dan saya baru berhubungan intim tgl 4agustus dan 13agustus dan keluar diluar diatas perut tidak di vagina.. apakah saya dapat hamil atau tidak? dan mengapa saya belum haid? terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WP.

Ejakulasi di luar, atau coitus interruptus, adalah salah satu metode kontrasepsi alami yang dapat dipertimbangkan apabila ingin menunda kehamilan. Salah satu studi menyebutkan bahwa efektivitas coitus interruptus untuk mencegah kehamilan cukup rendah dibandingkan dengan kontrasepsi buatan (pil, kondom, suntik, dan lain-lain). Efektivitas coitus interruptus adalah sekitar 78%, yang berarti 22 dari 100 wanita akan hamil apabila melakukan hubungan intim dengan cara seperti ini.

Alasannya, pada saat penis ereksi, penis akan mengeluarkan cairan pre-ejakulasi tanpa disadari, dimana cairan tersebut juga mengandung sperma dengan jumlah yang lebih sedikit. Selain itu, pihak pria seringkali terlambat menarik penis saat akan mencapai klimaks, sehingga ada sedikit sperma yang masuk ke dalam vagina.

Oleh karena itu, menjawab pertanyaan Anda, kemungkinan kehamilan ada, ya. Apabila Anda memang belum haid, Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Dianjurkan untuk melakukan tes tersebut satu minggu setelah keterlambatan, dan dapat diulangi satu minggu kemudian.

Atau, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan USG rahim untuk melihat apakah ada gambaran kantung kehamilan pada rahim Anda.

Apabila benar hamil, jagalah kandungan baik-baik dengan cara:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan asam folat, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya
  • Minum air putih yang cukup
  • Berolahraga ringan atau bergerak aktif 30 menit sehari
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Hindari stres, misalnya dengan rutin melakukan yoga atau meditasi
  • Mintalah dukungan kepada suami dan keluarga terdekat lainnya

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.