Mr P tidak bisa berdiri, apa penyebabnya?

M Info Penanya: M
Dok umur saya baru 30th,, penis saya 2hari ini kok tidak bisa berdiri ya dok,,, penyebabnya apa sih dok. Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Dalam kondisi normal, seorang pria yang sehat akan mengalami ereksi sekitar 10 kali dalam sehari, yaitu pada saat bangun pagi, saat mengalami rangsangan, maupun saat sedang tidur. Apabila Mr P tidak bisa berdiri, atau mengalami gangguan mempertahankan kekerasannya pada saat berhubungan seks, maka disebut sebagai disfungsi ereksi.

Penyebab Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, baik dari kondisi fisik maupun psikologis. Berikut beberapa di antaranya:

  • Diabetes melitus
  • Obesitas
  • Depresi
  • Stres yang berlebihan
  • Mengonsumsi obat-obatan golongan tertentu seperti antidepresan
  • Cedera saraf atau pembuluh darah penis
  • Gangguan saraf tulang belakang

Oleh karena itu, untuk sementara waktu, coba lakukan pola hidup sehat agar dijauhi dari berbagai macam penyakit, dan sistem hormon (termasuk testosteron) kembali seimbang. Konsumsilah makanan bergizi, jauhi junk food serta makanan yang berpengawet. Rutinlah berolahraga atau bergerak aktif sehari-hari. Kemudian, lakukan meditasi atau yoga secara rutin agar terhindar dari stres.

Apabila masalah Anda tak kunjung membaik, lakukan konsultasi ke dokter spesialis andrologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, dan apabila diperlukan Anda akan dirujuk ke spesialisasi lain yang terkait. Misalnya, apabila penyebabnya adalah depresi, maka Anda akan diarahkan ke psikiater. Dengan demikian, akan diberikan penanganan yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menurunnya gairah seksual diakibatkan oleh disfungsi seksual

Hati-hati! Penyebab Gairah Seks Menurun Ini Mungkin Menimpa Anda

Penurunan gairah seksual merupakan akibat dari disfungsi seksual yang biasa terjadi saat Anda berusia di atas 40 tahun. Kondisi ini disebabkan berbagai hal, seperti adanya konflik dalam hubungan, kelelahan, hingga stres.