12 May 2021, 11:06Kulit & Kelamin

Penis gatal dan ada cairan kuning yang keluar

M1
Info Penanya: M10
Hallo dok, Saya mau bertanya ,kenapa ya penis bagian batang bawah saya gatal dan keluar cairan kuning di celana secara tiba tiba dan gatau kapan keluarnya. Namun ketika saya buang air kecil ga sakit,tapi air kencing saya selalu kuning..
336 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi M,Penis yang gatal dan mengeluarkan cairan kuning bisa disebabkan oleh infeksi penis; baik karena bakteri, virus, atau jamur. Infeksi ini dapat terjadi dari diri sendiri, misalnya karena kelembaban celana dalam atau kurang bersih dalam menjaga alat kelamin. Lalu, infeksi juga dapat terjadi melalui penularan saat berhubungan intim, yang disebut sebagai penyakit menular seksual.Untuk membedakan kondisi apa yang sebenarnya Anda alami, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh dokter spesialis urologi. Pengobatannya pun perlu disesuaikan dengan penyebabnya; misalnya antibiotik untuk infeksi bakteri, atau antijamur untuk infeksi jamur. Namun, secara umum, Anda disarankan untuk menjaga kebersihan alat kelamin dengan cara:
  • membasuh penis setiap habis buang air kecil atau berhubungan intim
  • memilih bahan celana dalam yang menyerap keringat, agar penis tidak lembab
  • mengenakan celana yang longgar, untuk mengurangi gesekan pada penis
  • menghindari hubungan intim dengan lebih dari satu orang
Pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan saluran kemih dengan cara minum air putih yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 1.5-2.5 air setiap harinya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
saluran kemihkelamin laki-lakiinfeksi menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil