Apa penyebab penis keluar cairan bening?

KA Info Penanya: KA, Pria, 30 Tahun
Dok saya mau nanya saya kalo kencing kok sering keluar cairan bening kayak sperma ya dok tpi gk sakit/nyeri mintak pengertianya ya dok...??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KA.

 

Keluar cairan bening pada penis dapat dikatakan hal normal sebagai lubrikasi apabila ada stimulasi seksual. Jika anda pernah melakukan kontak seksual jenis apa pun sebaiknya dilakukan pemeriksaan urin dan darah terlebih dahulu. Perlu diingat kontak seksual bukan hanya hubungan intim penetratif tapi juga bisa dari oral seks dan aktivitas non seksual dengan pasangan.

Jika kejadian ini berlangsung terus menerus sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Sebab kondisi keluar cairan dari penis selain sperma bisa saja disebabkan oleh bakteri. Namun biasanya cairan berwarna kekuningan atau putih, disertai rasa nyeri.

Adanya cairan yang keluar selain sperma pada penis, apalagi berwarna kuning kemungkinan penyebabnya adalah penyakit menular seksual seperti :

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

  1. Menjaga kebersihan alat kelamin .
  2. Menjaga kebersihan pakaian dalam, ganti pakaian dalam secara berkala.
  3. Memakai celana dalam yang menyerap keringat.
  4. Tidak bertukar handuk dengan siapapun.
  5. Jangan bergonta-ganti pasangan seksual.
  6. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Mengobati Kista Bartholin Bisa DIlakukan Secara Alami dan Medis.

Tidak Ingin Operasi? Ini Cara Alami Mengobati Kista Bartholin

Kista Bartholin adalah kista yang tumbuh di kelenjar Bartholin yang terletak di antara vagina dan vulva. Kista Bartholin terinfeksi bisa diobati secara medis dengan mengkonsumsi antibiotik dan prosedur medis seperti kateter,marsupialisasi dan mengangkat kelenjar Bartholin. Sedangkan Kista Bartholin yang tidak terinfeksi bisa diobati dengan cara merendam di air hangat, menggunakan bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, cuka apel, lidah buaya hingga madu.