Penis keluar cairan gatal dan nyeri

D Info Penanya: D, Pria, 2019 Tahun
Penis saya mengeluarkan cairan yang terasa gatal saat keluar, dan waktu buang air kecil penis terasa panas / nyeri, saya belum pernah melakukan hubungan, penyakit apa ini dan apa obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D

Penis yang nyeri saat buang air dan gatal dapat disebabkan oleh peradangan saluran kencing uretra atau uretritis. Penyebab tersering karena infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual seperti Gonorhea. Untuk infeksi saluran kemih, biasanya terjadi pada pasien kebiasaan menahan kencing, tidak menjaga kebersihan organ kelamin, usiA lanjut, komplikasi diabetes dan status imunokompremise. Sementar pada uretritis akibat GO atau penyakit menular sexual biasanya terjadi pada riwayat hubungan sexual beresiko atau tanpa proteksi kondom. Untuk GO biasanya terdapat gejala kencing nanah.

Penyebab lain adanya nyeri saat berkemih adalah batu saluran kemih yang tersangkat pada saluran uretra yang biasanya menyebabkan gejala buang air kecil nyeri dan tertahan namun tidak menyebabkan rasa gatal.

Saran saya anda perbanyak minum air putih agar aliran kencing lancar, untuk nyeri dapat menggunakan beberapa golongan obat NSAID berdasarkan indikasi dari dokter. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter dahulu untuk memastikan apakah terdapat infeksi yang perlu mendapatkan antibiotik atau evaluasi lanjutan apakah terdapat batu pada saluran kemih.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi/ ahli saluran kemih (Sp.U)

Salam sehat

dr.Zulham Effendy 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh E
05 Mar 2020, 01:11
Selamat malam dok sya seorang laki2, mau tanya kenapa saluran kencing saya kadang terasa gatal dan kalo di urut keluar cairan seperti nanah tapi sedikit dan tidak menimbulkan bau, buat kencing juga normal tidak terasa sakit, kira kira gejala penyakit apa ya dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.