TANYA DOKTER

Penis keluar cairan gatal dan nyeri

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat siang D

Penis yang nyeri saat buang air dan gatal dapat disebabkan oleh peradangan saluran kencing uretra atau uretritis. Penyebab tersering karena infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual seperti Gonorhea. Untuk infeksi saluran kemih, biasanya terjadi pada pasien kebiasaan menahan kencing, tidak menjaga kebersihan organ kelamin, usiA lanjut, komplikasi diabetes dan status imunokompremise. Sementar pada uretritis akibat GO atau penyakit menular sexual biasanya terjadi pada riwayat hubungan sexual beresiko atau tanpa proteksi kondom. Untuk GO biasanya terdapat gejala kencing nanah.

Penyebab lain adanya nyeri saat berkemih adalah batu saluran kemih yang tersangkat pada saluran uretra yang biasanya menyebabkan gejala buang air kecil nyeri dan tertahan namun tidak menyebabkan rasa gatal.

Saran saya anda perbanyak minum air putih agar aliran kencing lancar, untuk nyeri dapat menggunakan beberapa golongan obat NSAID berdasarkan indikasi dari dokter. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter dahulu untuk memastikan apakah terdapat infeksi yang perlu mendapatkan antibiotik atau evaluasi lanjutan apakah terdapat batu pada saluran kemih.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi/ ahli saluran kemih (Sp.U)

Salam sehat

dr.Zulham Effendy 

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top