27 Dec 2020, 16:34Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan kepala penis menjadi bengkak dan nyeri ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Hallo dok, saya berumur 17 tahun, kemarin saya melakukan onani kebanyakan pria begitu dok, dan setelah onani kepala penis saya nyeri ketika buang air kecil, tepat nya di bagian sebelah kanan kepala penis. Itu berbahaya atau tidak ya dok atau itu cuma pembengkakan biasa setelah onani?
351 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, K.Salah satu manfaat onani bagi pria adalah mencapai kepuasan seksual yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Onani ini wajar dilakukan oleh pria, namun jika melakukan onani terlalu sering dengan proses onani yang terlalu kuat pada penis, menyebabkan penis menjadi bengkak serta nyeri. Hal ini membuat rasa tidak nyaman di organ intim.

Apa yang menyebabkan kepala penis menjadi bengkak dan nyeri ?

Penis yang digunakan untuk penyaluran hasrat seksual baik untuk jalur lewatnya sperma, proses ereksi, penis juga digunakan sebagai saluran kemih. Fungsi ganda pada penis ini dapat menyebabkan penis berisiko mengalami infeksi dan peradangan. Penyebab kepala penis menjadi bengkak dan nyeri antara lain :
  • Proses melakukan onani terlalu kencang menciderai otot penis.
  • Penggunaan sabun saat onani membuat penis menjadi iritasi.
  • Infeksi pada kepala penis akibat penumpukan bakteri. Hal ini sering terjadi pada laki-laki yang belum disunat baik anak-anak maupun dewasa.
  • Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan penis menjadi nyeri terutama setelah berkemih.
  • Penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat dapat membuat penis menjadi iritasi.
Anda dapat mengatasi penis yang bengkak dan nyeri dengan cara berhenti sementara waktu untuk onani, jika akan melakukan onani, pastikan organ intim dan tangan dalam keadaan bersih, gunakan sabun yang cocok untuk kulit Anda terutama penis, hindari kebiasaan menahan kencing, jangan menggunakan pakaian dalam serta celana yang terlalu ketat dan menekan penis.Jika bengkak pada penis terus membesar membuat Anda sulit untuk berkemih, penis menjadi merah, dan gatal, nyeri perut bagian bawah, dan demam, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran kemihdisfungsi ereksikulup penis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil