Kenapa kepala terasa pusing dan ruangan terasa berputar?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 19 Tahun
Malam dokter, sy mau tanyak, beberapa kali saat saya bangun tidur semua ruangan terasa berputar dan bergerak saya tutup mata saya merasa melayang, itu gejala apa ya dok? Mohon bantuannya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Keluhan pusing berputar adalah sensasi yang dirasakan bisa seperti tidak seimbang, terasa berputar, sensasi melayang ataupun juga seperti ruangan yang berputar. Kondisi ini bisa dipicu oleh beragam hal yang mempengaruhi organ keseimbangan. Anemia, gula darah rendah, dehidrasi dan darah rendah juga bisa menjadi pemicunya.

Yang paling sering jadi penyebab pusing adalah karena vertigo, dimana vertigo ada beberapa jenis dan yang sering kali ditemukan adalah benign paroxysmal positional vertigo. Kondisi ini sering kali dipicu karena perubahan posisi yang mendadak seperti dari tidur ke berdiri, menengok terlalu cepat, berada di kendaraan dengan jalur berkelok dan lainnya.

Keluhan juga bisa timbul terutama saat kondisi kurang baik seperti kelelahan, kurang asupan cairan, sering terlambat makan dan lainnya. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa hal seperti pola makan sehari-hari, perbanyak asupan cairan, dan juga perlu cukup tidur dan istirahat.

Ada baiknya bisa periksakan diri pada dokter spesialis saraf atau dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan dan dilakukan penanganan. Nantinya jika karena vertigo juga bisa dilakukan manuver untuk mengurangi gejala, pemberian obat atapun juga melakukan latihan untuk memperkuat organ keseimbangan sehingga tidak mudah kambuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tekanan darah normal sangat penting untuk dijaga ketika hamil

Ibu Hamil Wajib Tahu Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal Ini

Tekanan darah normal pada ibu hamil umumnya berkisar 120/80mmHg. Ibu hamil harus menjaga tekanan darah tetap normal agar janin tak terkena risiko berbahaya.