Pengobatan untuk Mata Kabur dan Cepat Lelah

R Info Penanya: R, Wanita, 42 Tahun
Dear Dokter,Kalau ingin memeriksakan mata, sebaiknya saya ke Rumah Sakit mana ya?Untuk melihat sudah kabur, mata cepat lelah, dan membaca tidak jelas. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu R,

Kemungkinan kondisi yang Ibu alami adalah rabun dekat karena usia menua, atau Presbiopia. Umumnya mulai dirasakan orang berusia 35 tahun ke atas. Hal ini terjadi karena elastisitas lensa mata mulai berkurang, sehingga terjadi gangguan saat melihat dekat seperti membaca, menjahit, mata lelah bila terlalu lama bekerja dengan komputer, dan sering sakit kepala setelah membaca atau bekerja dengan komputer dan sering membutuhkan sinar lebih terang saat membaca.

Presbiopia dapat bersamaan dengan kondisi kelainan refraksi lain pada mata atau dapat berdiri sendiri.

Ibu dapat mengunjungi Dokter Spesialis Mata (SpM) di praktek pribadi atau di Rumah Sakit terdekat untuk diperiksa dan berkonsultasi tentang kondisi mata lebih lanjut. Pemeriksaan refraksi akan menggunakan mesin dan dibandingkan dengan menggunakan lensa yang dipasangkan berganti-gantian di kacamata periksa sampai diperolah lensa yang cocok untuk Ibu.

Pengobatan atau koreksi kelainan refraksi Presbiopia ini adalah dengan menggunakan kacamata plus yang dapat digunakan saat membaca, atau bekerja di depan komputer.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab mata berair, seperti mata kering hingga peradangan pada kelopak mata

Ragam Penyebab Mata Berair yang Patut Diwaspadai

Anda mungkin kerap mengalami mata berair. Beberapa kondisi mata berair memang tidak perlu dicemaskan. Hanya saja, apabila diiringi dengan gejala lain, mata berair wajib diwaspadai dan memerlukan penanganan dokter. Ada beberapa kondisi mata, yang menjadi penyebab mata berair, seperti mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata.