Pengobatan TBC sudah dinyatakan sembuh, tapi hasil rontgen masih ada flek?

YB Info Penanya: YB, Pria
dok ku mau nanya apakah benar orang yang terkena penyakit TBC sudah menjalani pengobatan 6 bulan trus pas bulan terakhir sudah dinyatakan dembuh total, tapi meskipun sudah dinyatakan sembuh total hasil rontgennya yang terakhir masih ada flek? itu gimana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YB.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda

Tuberkulosis (TB) paru adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya ditandai dengan batuk > 2 minggu, penurunan BB, dahak bercampur darah, demam, keringat malam, bahkan disertai sesak napas pada kasus yang berat.

Penyakit TB Paru biasanya diterapi selama minimal 6 bulan, dan hasil pengobatan di evaluasi melalui keluhan pasien, pemeriksaan dahak (apakah ditemukan kuman atau tidak) dan evaluasi foto rontgen dada.

Pada kasus bekas TB atau yg sudah dinyatakan sembuh, kadang masih tampak adanya kelainan pada foto rontgen akibat infeksi sebelumnya. Apabila didukung dengan pemeriksaan dahak hasilnya negatif dan keluhan membaik harusnya tidak menjadi masalah.

Jangan lupa kontrol ke dokter kembali apabila dirasa keluhan masih ada atau kembali muncul.

Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Salam sehat.

dr. Syarifah Chaula Amrina

YB
08 Oct 2019, 06:58
berarti itu ngga ppa kan dok kalau hasil rontgennya masih ada fleknya trus setelah tes dahak semuanya negatif
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.