pengobatan TB jika alergi obat TB, apakah bisa dengan herbal?

MA Info Penanya: MA, Pria, 44 Tahun
Dok, Saya ingin menanyakan apakah penyakit TB paru, bisa di sembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal, mengingat istri saya Alergi terhadap obat obatan Dok, jika minum obat RS langsung merasa gatal yg hebat dengan kulit merah merah, sesak nafas dan demam tinggi, mengingat sudah 4 bulan istri saya tidak kontrol lagi ke rumah sakitTerimakasih Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MA

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Reaksi alergi adalah reaksi berlebihan dari dalam tubuh pada obat tertentu. Munculnya reaksi obat tidak dapat dipastikan atau diperkirakan sampai seseorang mengkonsumsi obat tertentu dan muncul reaksi alergi. Beberapa keluhan akibat reaksi obat diantaranya :

  • Gatal
  • Ruam kemerahan
  • Bentol 
  • Sesak
  • Beringus
  • Batuk
  • Pembengkakkan pada tubuh tertentu.

Pada pengobatan TB paru dilakukan dengan pemberian 4 macam antibiotik lini pertama. Apabila terjadi reaksi alergi pada seluruh obat lini pertama (rifampisin, pirazinamid, isoniazid, ethambutol) maka dapat diberikan alternatif antibiotik lain (lini kedua) yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi TB pada orang yang alergi dengan pengobatan TB lini pertama.

Saran saya sebaiknya Anda tetap melakukan kontrol dan mengkonsumsi obat sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter pemeriksa serta menjalani pengobatan TB tanpa terputus sampai dinyatakan sembuh oleh dokter. Sampai sekarang belum ada penelitian tentang pengobatan TB Paru menggunakan herbal.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan kanker paru-paru yang paling dianjurkan adalah dengan pembedahan

Penyebab Kanker Paru-Paru, Diagnosis, dan Pengobatannya

Kanker paru-paru rentan terjadi pada perokok. Untuk penanganannya, kanker paru-paru dapat diobati dengan pembedahan yang dilanjutkan dengan radiasi, kemoterapi, terapi kombinasi, atau mengonsumsi obat tertentu.