Pusar/Udel gatal dan bau? Apakah berbahaya?

PP Info Penanya: PP
Selamat pagi dok ... Dok mau tnya kan tali pusar (udel) saya kan gatal lalu saya garuk" setelah beberapa jam di dalam nya itu ada cairan dan berbau tidak enak .. Seperti kayak busuk gitu. Nah itu apakah berbahaya? Kalau memang iya harus di obatin pkek apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, PP.

Pusar Anda gatal paling banyak disebabkan oleh karena bakteri, kotoran yang menumpuk ataupun jamur. 

  1. Infeksi bakteri
    Bakteri yang dapat hidup di pusar bisa hingga 70 jenis bakteri. bakteri ini dapat hidup dengan subur jika higeinitas kebersihan Anda tidak baik. jika hal ini terjadi, tidak heran bila pusar Anda gatal. bukan hanya gatal, namun juga bisa timbul nanah, bengkak dan nyeri jika tidak di atasi dengan baik
  2. Infeksi jamur
    Jamur mudah tumbuh pada area yang lembab, seperti dibagian pusar, ketiak, selangkangan dan lipat paha. apabila sudah parah, infeksi ini juga bisa sampai menyebabkan keluarnya cairan putih.
  3. Gigitan serangga
    Serangga seperti semut, kutu dan laba-laba dapat menyebabkan gatal di area pusar

Saat Anda akan membersikan pusar, Anda juga harus memastikan higienitas dari tangan Anda dengan cara cuci tangan terlebih dahulu dam jangan mengorek dengan kuku karena menyebabkan pusar luka dan infeksi.

Atau dengan membersihkannya saat setelah mandi dengan cara bantuan cotton bud, atau kapas dan kain agar kotoran yang terperangkap bisa di keluarkan. setelah itu dapat di keringkan dengan handuk atau tisue agar tidak menyisakan air di dalamnya dan lembab.

Namun jika pusar Anda menjadi semakin bengkak, bau dan keluar cairan kuning (seperti nanah) dan juga mengalami demam, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan obat (antibiotik) dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Aisyah Nur Ramadhani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam rematik pada anak bisa terjadi ketika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus tidak tertangani dengan baik

Jangan Sepelekan Infeksi Tenggorokan, Bisa Berujung Demam Rematik pada Anak

Demam rematik pada anak biasanya terjadi ketika si Kecil berusia 5-15 tahun. Penyebab demam rematik pada anak adalah bakteri Streptococcus yang berpindah dari saluran pernapasan ke katup jantung melalui peredaran darah.