Pengobatan sinusitis selain operasi?

B Info Penanya: B, Wanita, 21 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya untuk pengobatan sinusitis selain operasi bagaimana? Karena takut untuk operasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya operasi adalah pilihan terakhir dalam pengobatan sinusitis. Apakah sebelumnya sudah menjalani perawatan non bedah dengan dokter? Terapi utama adalah antibiotik karena sinusitis seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri. Pemberian antibiotik tergantung berat kasusnya bisa sebentar atau sampai dengan beberapa minggu. Karena sinus berada di dalam tulang dengan suplai darah yang terbatas. Untuk mengurangi nyeri anda bisa menggunakan obat anti nyeri.

Ada juga terapi dengan menggunakan semprotan dekongestan ke dalam hidung untuk mengurangi pembengkakan saluran hidung, memfasilitasi keluarnya cairan dari rongga sinus. Antihistamin  dan kortikosteroid juga digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan alegi untuk mengurangi pembengkakan saluran hidung dan sinus. Bila ingus kental dapat dibantu dengan cairan bilasan hidung.

Jika terapi obat gagal, pembedahan mungkin disarankan sebagai upaya terakhir. Biasanya dilakukan oleh Dokter Spesialis THT. Tujuannya adalah memperbaiki cacat anatomi pada tulang yang memisahkan saluran hidung, menghilangkan polip dan membuka saluran yang tertutup.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti misalnya alergi

Sering Mengalami Hidung Gatal? Atasi dengan 7 Cara Ini

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami hidung gatal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari hidung yang kering, alergi, iritasi, ataupun masalah lain. Namun, dalam mengatasinya Anda dapat mencoba 7 cara ini.