02 Nov 2020, 01:50Pernapasan

Pengobatan asma dan keluhan lemas

PP
Info Penanya: PP0
Malam,kebetulan ayah saya beberapa taun belakangan mengkonsumsi obat TEOSAL sama ALKAMETASOL ( bisa saya tidak salah ) yang di berikan dokter ketika ayahsaya diketahui memiliki penyakit ASMA.lalu 2 minggu belakangan ayah saya mwncoba mengganti obat tersebut dengan menggunakan ventolin inheler tapi tak lama setelah itu kondisi ayah saya menjadi drop. Sering mual Tidak nafsu makan Badan terasa lemas Mohon informasi mengobatinya di rumah dan saran lebih lanjutnya terimakasih
497 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang PP,Penyakit asma adalah penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan dimana terjadi peradangan yang menyebabkan penyempitan saluran napas sehingga membuat penderitanya kesulitan bernapas dan ditandai adanya bunyi napas tambahan seperti bunyi mengi. Kondisi ini merupakan penyakit kronik yang tidak bisa disembuhkan total tapi bisa dikelola agar tidak sering kambuh.Beberapa hal yang bisa menyebabkan asma kambuh diantaranya adalah:
  • Kelelahan
  • Paparan alergen seperti debu, udara dingin, bahan tertentu, makanan atau minunan tertentu
  • Paparan asap rokok atau kebiasaan merokok
  • Polusi udara
  • Stres
  • Masalah berat badan
  • Efek obat tertentu
  • Faktor lingkungan seperti bau-bauan tertentu
Untuk itu jika mengganti obat hindari mengganti obat sendiri tanpa pemeriksaan atau resep dokter terlebih dahulu. Untuk obat yang digunakan saat ini adalah obat untuk mengatasi gejala yang kerjanya singkat. Jika kambuh sering terjadi misalnya hampir setiap malam merasakan sesak maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan baik dengan obat yang mengatasi gejala juga obat untuk mengontrol agar peradangan tidak sering berulang dan yang paling utama menghindari pencetus asma kambuh.Untuk keluhan mual, lemas, tidak nafsu makan tidak hanya disebabkan oleh asma atau perubahan obat saja, tetapi juga bisa karena faktor lain termasuk kondisi psikologis seperti stres. Untuk itu bisa coba atasi dengan memperbaiki kesehariannya. Upayakan makan sedikit tapi sering, minum obat antasida dan vitamin B6 untuk mengurangi mual serta periksakan pada dokter jika keluhan tidak membaik karena bisa ada masalah saluran pencernaan juga. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
mualasmaradang saluran pernapasanmasalah pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil