Pengobatan pembesaran jantung (kardiomegali)

YA Info Penanya: YA, Pria, 19 Tahun
Dok saya mau tanya.saya di diaknosa mengalami pembengkakan pada jantung.gimana cara mengobati dan apakah penyakit saya ini bisa sembuh atau tidak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Y.

Pembengkakan jantung, dalam istilah medis disebut kardiomegali dapat dilihat dengan pemeriksaan rontgen thorax (foto dada), kardiomegali mengindikasikan ada kondisi lain pada tubuh sehingga jantung terlihat membesar. Pemeriksaan lain diperlukan untuk mendiagnosis penyebab jantung membesar.

Penyebab kardiomegali (pembesaran jantung):
-Hipertensi
-Penyakit katup jantung
-Kardiomiopati
-Hipertensi pulmonal
-Efusi pericard

Pada beberapa individu, pembesaran jantung tidak menimbulkan gejala. Namun ada yang mengeluhkan gejala seperti sesak napas, gangguan irama jantung, edema (bengkak pada kaki).

Pengobatan pembengkakan jantung dapat dengan obat-obatan ataupun operasi tergantung penyebab yang mendasarinya. Proses penyembuhannya pun tergantung causanya. Konsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk mendapat penanganan yang tepat.

Segera ke dokter jika anda mengalami :
-Nyeri dada
-Sesak napas
-Pingsan

Simak lebih lanjut di sini tentang pembesaran jantung (kardiomegali).

 

Salam sehat,

dr. Supiah S.D Sangadji

AS
17 Oct 2019, 00:51
Saya mau tanya dok.. dada kiri saya sering sakit kalau di buat nafas rasanya kayak di suntik jarum & sekarang di tambah pundak kiri saya sakit bahu kiri juga rasanya ngilu.. apa saya terkena penyakit jantung dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rutin olahraga untuk jantung sehat dan tubuh selalu bugar.

Tips Latihan yang Efektif untuk Menyehatkan Jantung

Tubuh yang mudah lelah bisa disebabkan karena Anda kurang melatih jantung. Cobalah mulai olahraga untuk jantung agar sehat dan kuat.