Pengobatan nyeri tulang dengan obat oles gel yang mengandung magnesium

MA Info Penanya: MA, Pria
Ada pasien mengeluhkan nyeri ditulang belakang setelah itu diberi obat gabapentin,neurobion forte dan anti nyeri,, tetapi masih saja nyeri,,dan apoteker memberikan magnesium gel,,pertanyaan saya kenapa apoteker menyarankn magnesium gel,dan mekanisme kerja nya apa??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Bapak MA,

Nyeri pada daerah punggung maupun pinggang merupakan keluhan yang sering dijumpai, gejala nyeri ini sendiri dapat berasal dari salah satu di bawah ini:

1. Cedera otot dan jaringan ikat

Otot dan jaringan ikat pada daerah punggung dan pinggang dapat terkilir atau tegang sebagai akibat dari posisi kerja yang salah, misal posisi duduk di depan meja kantor yang tidak ergonomis selama berjam-jam, atau posisi mengangkat suatu beban dengan bertumpu pada ruas punggung dan bukan otot kaki dan paha yang lebih kokoh. Pasien biasanya mengeluhkan sulit membungkukkan badan dan pada posisi tidur di ranjang kaku untuk memutar tubuh ke kanan atau kiri.

2. Masalah tulang belakang

Kelainan struktur tulang belakang baik akibat bawaan (skoliosis, kifosis, lordosis) maupun didapat akibat cedera olahraga, cedera berkendara, dan jatuh dapt mengakibatkan kelainan pada kepadatan tulang, bentuk dan ketebalan bantalan diskus antarruas tulang, dan posisi kanal saraf relatif terhadap tulang. Gejala yang melibatkan masalah tulang belakang dan saraf antara lain nyeri berat, kesemutan yang menjalar dari pinggang ke paha kiri atau kanan, sampai gangguan buang air kecil atau buang air besar

3. Infeksi tulang punggung

Kuman penyakit seperti bakteri dan jamur dapat masuk ke dalam tulang pasien yang mengalami penurunan daya tahan tubuh dan sebabkan gejala demam, pembengkakan disertai kemerahan, dan kelemahan tubuh yang semakin memberat

Dokter akan memeriksa gejala yang dialami pasien, apa yang mencetuskan, dan apa yang memperberat, dan melakukan pemeriksaan saraf. Jika diperlukan dapat mengambil darah untuk memeriksa ada tidaknya infeksi, rontgen tulang untuk melihat persendian tulang belakang dan ada tidaknya kelainan bentuk dan terakhir MRI saraf tulang belakang jika dicurigai adanya saraf terjepit (hernia nuclosus pulposus).

Prinsip pengobatan nyeri sendi adalah istriahat dan hindari gerakan berlebih pada bagian yang sakit, kompres dingin atau es, dan obat analgetik antiinflamasi untuk meredakan kaku dan bengkak. Pasien dapat minum paracetamol atau obat yang lebih kuat maupun obat saraf seperti gabapentin sesuai petunjuk dan resep dokter.

Terapi lokal bertujuan untuk menghantarkan bahan aktif ke area yang paling bermasalah sambil menambahkan efek hangat agar lebih rileks. Macamnya bisa koyo/patch atau salep/gel. Bahan aktif yang telah dipelajari secara medis ialah capsaicin dan diklofenak dan metyhlsalicilate. Ketiga bahan tersebut meredakan nyeri otot dan punggung pada daerah yang diaplikasikan. Keuntungan lainnya metode terapi lokal ialah mengurangi efek samping akibat obat minum jangka panjang dan lebih praktis karena tidak usah minum dengan air putih setelah makan. Magnesium sendiri menurut jurnal kedokteran masih pada tahap penelitian yang diduga mekanismenya ialah menghindari hiperaktivitas saraf yang terus mengirimkan sinyal nyeri ke otak, hal ini penting terutama pada nyeri kronis yang tidak jelas lagi sebabnya. Dosis dan formulasinya apakah harus lewat penyuntikan ataupun bisa lewat oles masih belum ditetapkan.

Ada juga terapi fisik yang menggunakan gelombang suara atau gelombang sinar yang bekerja pada area yang diarahkan untuk mempercepat pemulihan otot dan mengurangi peradangan tulang. Konsultasikan dengan dokter rehabilitasi medik dan fisioterapi terlatih.

Boleh saja menggunakan magnesium gel tetapi jika keluhan bertambah berat atau ada tanda bahaya seperti demam, berat badan menurun, nyeri memberat pada saat tidur malam, kelainan mati rasa atau kesemutan, kelemahan kaki, gangguan BAK dan BAB maka segeralah berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis saraf di RS

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa memperoleh manfaat dari ikan gabus yang telah diolah dengan cara digoreng

Mengejutkan, Manfaat Ikan Gabus untuk Pemulihan Pascamelahirkan

Ikan gabus mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibanding ikan bandeng. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial dalam ikan gabus membuat manfaat ikan gabus sangat baik bagi pasien pascaoperasi.