Pengobatan Lipoma Tanpa Operasi?

HO Info Penanya: HO, Pria, 48 Tahun
Dok, pada area bawah kulit sekitar perut dan lengan saya terdapat beberapa benjolan, jumlahnya mencapai sepuluhan dan ukurannya bervariasi antara 1-4 cm. Hasil konsultasi dengan dokter, apa yang saya derita itu merupakan tumor jinak yang sering disebut lipoma. Penanganannya adalah dengan pengangkatam melalui bedah. 1. Mohon second opinion Dokter mengenai hal tersebut. 2. Apakah penyakit tersebut dan penyebabnya? 3. Adakah cara penyembuhan tanpa bedah karena saya tidak dapat membayangkan pembedahan di tempat tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak HO,

Benjolan seperti yang Bapak alami dapat saja merupakan Lipoma atau Atheroma karena bentuknya sangat mirip. Jenis tumor yang mirip juga adalah Kista Dermoid, Kista Epidermoid, Limfadenitis dan Xantoma. Untuk kepastian jenis tumor, maka Dokter akan melakukan pemeriksaan Histopatologi atau Patologi Anatomi, dari jaringan tumor yang diambil saat pembedahan.

Lipoma adalah tumor jinak dari jaringan lemak dan berada dibawah kulit. Dapat berupa tumor tunggal atau multipel. Terkadang tumbuh cepat namun tetap bersifat jinak. Lunak saat diraba, tidak nyeri, dan dapat digerakkan kecuali bila mengenai syaraf maka akan menyebabkan nyeri.

Pengobatan yang disarankan adalah pembedahan sederhana dengan istilah Ekstirpasi yaitu tindakan pengangakatan seluruh massa tumor yang terletak dibawah kulit beserta kapsul pembungkus tumor. Tumor harus terangkat bersih beserta kapsul pembungkusnya untuk mencegah kekambuhan.

Atheroma atau Kista Sebasea atau Kista Retensi adalah kista yang berasal dari jerawat (akne) yang tersumbat muara kelenjarnya. Bila kista dipecah maka isinya berupa massa putih dan berbau seperti jerawat. Tanda khas adalah pada puncak kista akan tampak bintik yang merupakan muara kelenjar yang tersumbat (namanya Pungta).

Pengobatan yang disarankan adalah ekstirpasi kista, kista harus terangkat bersih beserta kapsul pembungkusnya untuk mencegah kekambuhan.

Semua jenis tumor ini hanya dapat dihilangkan dengan pembedahan minor yaitu Ekstirpasi yang dilakukan dibawah anestesi lokal di Ruang Praktek Dokter Spesialis Bedah Umum. Sebaiknya pembedahan dilakukan secara bertahap dan tidak sekaligus, dengan cara memprioritaskan tumor yang paling besar lebih dulu. Contohnya  ekstirpasi pertama kali dilakukan untuk dua tumor yang berdekatan dan yang ukurannya paling besar, setelah melewati masa penyembuhan luka selama 2 minggu sampai 4 minggu, baru dilakukan ekstirpasi untuk tumor selanjutnya.

Bapak dapat mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum lainnya untuk minta pendapat kedua dan seterusnya, sampai Bapak benar –benar yakin dan percaya dengan Dokternya.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radiasi dari alat elektronik nirkabel seperti handphone, wifi, dan sebagainya berpotensi merusak kesehatan

Benarkah Radiasi Wifi dan Headphone Berpotensi Merusak Kesehatan?

Headphone dan Wifi adalah alat elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Radiasi ini berpotensi memicu kanker, menyebabkan kemandulan, hingga merusak saraf.