Pengobatan lanjutan untuk sinusitis

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi dokter, sebelumnya saya sudah berobat ke dokter THT terus dikasih obat antibiotik buat sinusitis saya. tapi kenapa ga ada perubahan ya dokter? sudah 3 hari setiap bangun tidur saya masih ngerasain tenggorokan dan hidung saya sakit. apa ada obat lain untuk mengatasi sinusitis yang saya derita? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Sinusitis adalah peradangan atau infeksi pada rongga sinus yang letaknya ada di kedua sisi pipi dekat hidung, di puncak hidung dan diantara kedua alis, oleh karena itu sering menimbulkan gejala berupa pilek, hidung tersumbat, nyeri di sekitar mata, pipi, hidung, atau dahi, pusing, hingga demam yang seringkali kambuh.

Penyebab sinusitis adalah ketika terjadi pilek, ingus tidak dapat mengalir dengan baik dan mengendap di rongga sinus, dan bila hal ini berlangsung terus menerus maka akan terjadi peradangan kronis.

Untuk penanganan sinusitis akut bisa dengan cara :
  1. Menggunakan cairan nasal saline untuk membilas hidung.
  2. Menggunakan kortikosteroid nasal untuk meredakan peradangan hidung.
  3. Minum paracetamol untuk meredakan nyeri.
  4. Sediakan alat humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan.
  5. Gunakan masker bila beraktivitas di luar ruangan.
  6. Sediakan baskom berisi air panas yang sudah dicampur dengan garam, dan hirup uap panasnya.

Bila keluhan Anda tidak kunjung membaik, semakin pusing, nyeri, sampai gangguan penciuman, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi ulang dengan dokter THT Anda, mungkin perlu pemeriksaan foto rontgen waters untuk memastikan kondisi rongga sinus Anda atau tindakan lebih lanjut seperti irigasi sinus atau tindakan operasi lainnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala pada lansia dapat mengindikasikan penyakit atau kondisi kesehatan yang lebih serius

Deteksi Penyebab Sakit Kepala pada Lansia untuk Mencegah Kondisi yang Lebih Buruk

Sakit kepala pada lansia adalah gejala dari penyakit yang serius. Ini bisa disebabkan oleh penyakit seperti stroke, arteritis temporal, atau sakit kepala hypnic.