Pengobatan lanjutan setelah TBC kambuh

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, saya mau nanya tentang obat tbc. papa saya sebelumnya 3 tahun tbc dan sudah sembuh. minggu ini tbc nya kambuh dan setelah di cek paruparu nya jadi lebih besar. obat buat nyembuhin apa ya dokter? saya direkomendasiin untuk berobat lagi 2 tahun. abis 2 tahun apa bisa sembuh total atau tetep ada kemungkinan buat kambuh lagi? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

TBC adalah salah satu penyakit infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa dan dapat menyerang segala usia. 

Gejala yang sering muncul adalah :
  1. Batuk lebih dari 2 minggu, hingga batuk berdarah.
  2. Penurunan berat badan atau berat badan tidak bertambah meskipun sudah makan banyak.
  3. Keringat di malam hari.
  4. Deman tanpa penyebab yang jelas.
  5. Sesak napas.
  6. Benjolan yang teraba di sekitar leher.

Karena penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka bisa menyerang setiap orang dan terjadi kekambuhan berulang kali bila daya tahan tubuh tidak baik dan sering terpapar oleh bakteri tersebut. Kekambuhan dapat terjadi bila orang yang tinggal serumah tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara bersama-sama, sehingga akan saling menularkan bakteri. Gejala kekambuhan yang muncul hampir sama dengan gejala awal namun biasanya lebih berat hingga sesak napas.

Bila TBC ayah Anda dinyatakan kambuh, maka perlu melakukan pengobatan TBC dari awal dengan pemilihan kategori obat yang akan disesuaikan dengan kondisi ayah Anda, dan dilihat perkembangan/ respon tubuh terhadap pengobatan. Dan yang penting adalah orang-orang yang tinggal serumah perlu dilakukan pemeriksaan bersama-sama.

Selain itu ayah Anda juga perlu menggunakan masker untuk mengurangi penularan bakteri TBC, minum obat dan kontrol secara teratur ke dokter paru, perbanyak konsumsi sayur, buah dan protein, serta cukup istirahat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Air hujan berpotensi sebagai alternatif sumber air minum, asal dipanen dengan benar

Amankah Minum Air Hujan? Ini Jawabannya

Pernahkah Anda tak sengaja menelan air hujan ketika sedang berjalan menorobos derasnya hujan? Mungkin banyak dari Anda yang mencemaskan bahaya minum air hujan bagi kesehatan. Sebenarnya, bagaimanakah keamanan konsumsi air hujan?