Pengobatan koreng disertai gatal di payudara

JD Info Penanya: JD
selamat pagi doksaya kena cacar sudah 9thn yg laludi daerah payudara ttp ada bekasnya benjolanmulai skrg2 jadi gatel bgt. saya garuk dan makin melebar jd koreng lebar bernanah. itu gimana cara pengobatannya ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi mbak JD,

Keluhan mbak JD berupa benjolan disertai gatal yang lama kelamaan menjadi koreng di area payudara dapat disebabkan oleh:
  1. Keloid. Keloid adalah benjolan kenyal sampai keras berwarna coklat kemerahan tumbuh di kulit yang pernah mengalami luka atau infeksi seperti cacar. Keloid berbeda dari bekas luka biasa karena makin melebar dan menimbulkan keluhan gatal. Akibat gesekan dengan pakaian dalam dan garukan keloid dapat terinfeksi gejalanya membasah, berbau, ada nanah dan darah. Penanganan keloid dikerjakan oleh dokter spesialis kulit atau dokter umum berupa penyuntikkan atau laser. Selengkapnya pengobatan keloid di link ini ya.
  2. Dermatitis seboroik. Merupakan penyakit yang timbul karena keaktifan kelenjar minyak kulit. Dapat dicetuskan oleh faktor internal (imunitas) atau faktor eksternal (sinar matahari) dll. Mengenai area seboroik kulit kepala, alis, lipatan nasolabial wajah, lipatan payudara, dengan gejala gatal dan sisik. Penanganan ialah dengan krim dan obat minum dari dokter untuk menghilangkan infeksi jamur dan menghambat keaktifan kulitnya.
  3. Kanker payudara. Perlu diwaspadai adanya gejala kanker payudara apabila ada gejala permukaan kulit berbenjol-benjol disertai luka yang tidak kering- kering, adanya keluar cairan dari puting, adanya pembesaran kelenjar di lipat ketiak, dan adanya penurunan berat badan. Penanganan ialah operasi secara dini agar sel kanker diangkat tuntas sebelum menyebar ke bagian tubuh lain.

Saya menyarankan mbak JD agar berkonsultasi ke dokter spesialis kulit atau RS setempat. Melalui pemeriksaan kulit yang menyeluruh, pengambilan sampel untuk pemeriksaan mikroskop, dan pemeriksaan USG payudara jika perlu dokter akan menegakkan diagnosa kemudian akan memberikan pengobatan yang sesuai.

Yang dapat dilakukan di rumah ialah:
  1. Jangan menggaruk dan jaga kebersihan area payudara dengan mandi teratur dengan sabun.
  2. Jika gatal sangat mengganggu dapat minum obat CTM tablet.
  3. Jangan menggunakan sembarangan ramuan atau cairan di area luka karena ada kemungkinan iritasi dan memperparah gatal (sensitisasi).
  4. Jaga area payudara kering dengan ditutup kassa steril.
  5. Makan makanan bergizi dan istirahat cukup.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.