Pengobatan infeksi saluran pernapasan akut

RM Info Penanya: RM
"dokter saya ingin tanya...apa obat batuk gatal &kering .. flu..batuk kering sudah saya alami kira2 2 hari yg lalu kalo flu nya udh lebih dari 3 hari dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RM.

Keluhan yang anda rasakan dapat di sebut sebagai infeksi saluran pernapasan akut. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) gejalanya seperti batuk dan pilek, ISPA dapat ditularkan melalui dahak yang dikeluarkan, bersin-bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya. Yang di maksud Infeksi saluran pernapasan akut di antaranya Faringitis akut, Bronkitis akut, Pneumonia, dll. Penyebab terbanyak ISPA adalah infeksi virus dan bakteri.

Seseorang yang rentan terkena ISPA berkaitan dengan status imunitas, mempunyai riwayat atopi misalnya rhinitis alergi, kontak dengan penderita ISPA, kurang kebersihan perseorangan dan lingkungan.

Bagaimana pengobatannya ?

- Optimalkan daya tahan tubuh dengan cara : istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari, minum air putih yang cukup, konsumsi buah-buahan dan sayuran atau konsumsi multivitamin

- Berhenti merokok

- Minum obat untuk mengurangi keluhan seperti obat batuk, obat pilek sesuai petunjuk dokter

- Minum antibiotik jika penyebabnya merupakan infeksi bakteri.

Sebaiknya ke dokter agar diperiksa secara langsung untuk memastikan diagnosis, agar mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebabnya.

Lebih lanjut tentang ISPA, dapat anda baca pada artikel berikut.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.