Pengobatan cacar air pada orang tua

RS Info Penanya: RS, Wanita, 21 Tahun
Selamat Pagi DokIni orang tua saya terkena cacar air, untuk mengobati nya harus memakai obat apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RS,

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zooster yang ditandai dengan demam, muncul gelembung-gelembung berisi cairan di seluruh tubuh. Namun bila gelembung cairan hanya di bagian tubuh tertentu saja, berkelompok maka disebut herpes zooster, yang merupakan penyakit lanjutan dari cacar air/ varicella. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus maka daya tahan tubuh perlu ditingkatkan untuk membantu proses penyembuhan penyakit. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara :

  1. Makan lebih banyak ketika sedang sakit.
  2. Perbanyak konsumsi air putih untuk membantu menurunkan demam.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai vitamin alami.
  4. Minum suplemen yang mengandung echinacea.
  5. Istirahat cukup.

Karena cacar air sangat mudah menular, maka selain upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perlu disertai dengan konsumsi obat anti virus. Dokter akan meresepkan obat anti virus yang sesuai untuk cacar air bila memang pada pemeriksaan benar bahwa penyakit tersebut adalah cacar air.

Pada orang dewasa yang terkena cacar air, maka dapat mengakibatkan beberapa komplikasi seperti pneumonia, perdarahan hingga peradangan otak, sehingga sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.